fbpx
Adi Nugroho
Blog ini di update rutin setiap hari Senin-Jum'at. Menyajikan informasi seputar Dunia Bisnis, Entrepreunership, Motivasi & Pengembangan diri. Semoga bermanfaat buat Anda semua!

Peluang Usaha Frozen Food di Rumah dan Panduan untuk memulainya dengan Sukses

Usaha Frozen Food di Rumah
Ilustrasi pixabay/hansbenn

Peluang Usaha Frozen Food

Berbicara tentang peluang usaha frozen food di rumah, rasa-rasanya bisnis kuliner ini mempunyai prospek yang menarik di tahun-tahun mendatang.

Alasan mendasar karena manusia pasti membutuhkan kebutuhan primer hidupnya yakni makanan.

Lalu kalau begitu apa sebabnya bisnis kuliner banyak yang bangkrut dan gulung tikar?

Untuk hal tersebut ada berbagai macam sebab, salah satunya karena tidak melakukan inovasi pada bisnisnya sehingga usaha yang dijalankan pun staknan tidak bertumbuh.

Menjalankan usaha frozen food di rumah pun mutlak dibutuhkan inovasi agar anda mampu bertahan di tengah era disrupsi dari para kompetitor bisnis yang sama.

Inovasi bisa dilakukan dalam bentuk berbagai macam cara seperti memodifikasi ulang dari resep makanan yang telah ada, menciptakan jenis varian makanan baru, ataupun membuat kemasan yang menarik.

Peluang bisnis makanan beku ini semakin besar dan menjadi trend di masyarakat selain bisa dilakukan di rumah, dikarenakan 2 faktor berikut ini:

Frozen Food Instan

Mayoritas masyarakat kita sekarang ini lebih menginginkan berbagai hal yang serba instan dan cepat. Karena itulah usaha frozen food di rumah sangat pas dilakukan di era sekarang.

Para konsumen hanya perlu mengolah frozen food ini sesaat sebelum dihidangkan. Dan ini jauh lebih cepat dilakukan ketimbang memasak dari bahan baku awal.

Sekarang ini hampir Sebagian di rumah-rumah memiliki kulkas yang di fasilitasi freezer. Sehingga apabila menjalankan bisnis ini tidak akan khawatir mengenai makanan yang basi karena tidak awet.

Tidak Memakai Pengawet Makanan

Walaupun mayoritas masyarakat lebih menyukai hidangan makanan instan, namun menjalankan bisnis ini tidak boleh melupakan aspek Kesehatan. Anda bisa menawarkan jenis usaha frozen food di rumah tanpa memakai bahan pengawet makanan.

Produk makanan yang tidak memakai pengawet buatan pasti akan banyak diminati oleh para konsumen.

Memulai suatu usaha maupun bisnis yang pasti tidak mudah. Karena rintangan akan selalu muncul terutama di fase awal membangun bisnis itu sendiri. Dan jangan pernah takut untuk mencobanya.

Panduan Sukses Memulai Usaha Frozen Food di Rumah

Lakukan riset terlebih dahulu mengenai kondisi pasar, mulai dari mencari tahu siapa saja calon konsumen yang anda bidik ke dalam pasar anda. Bila hal tersebut telah anda lakukan maka selanjutnya lakukan Langkah berikut ini:

Memilih Jenis Produk

Mulailah dengan merencanakan pilihan dari jenis frozen food apa yang ingin di jual. Penentuan jenis makanan beku pada fase awal akan mempermudah pengambilan keputusan-keputusan berikutnya agar memastikan bisnis frozen food ini bisa berjalan sesuai rencana anda.

Modal Awal

Jika anda telah memutuskan produk apa dari varian usaha frozen food ini, Langkah selanjutnya anda melakukan perhitungan rencana modal awal yang dibutuhkan untuk menjalani usaha frozen food di rumah.

Baca juga : 13 Ide bisnis Jualan Makanan yang Laris di Kampung 2021

Hitunglah dengan teliti kebutuhan yang wajib dilakukan untuk memprediksi kebutuhan modal awal anda. Pastikan semua perhitungan modal awal secermat mungkin yang bisa anda lakukan.

Persiapkan Perlengkapan

Setelah anda melakukan perhitungan modal awal lalu selanjutnya siapkan perlengkapan yang dibutuhkan untuk menunjang usaha frozen food di rumah, seperti misalnya freezer untuk menyimpan dan menjaga stok makanan beku ini agar tetap awet. Sebagai saran belilah mesin freezer yang berkualitas walaupun sedikit lebih mahal karena jangan sampai anda membeli mesin freezer yang murah akan tetapi cepat rusak.

Packaging

Walaupun anda menjalankan usaha frozen food di rumah, jangan pernah menyepelekan terkait kemasan ini. Faktanya kemasan yang menarik menunjukkan bisnis frozen food anda dibuat dengan tidak asal-asalan.

Pililhlah kemasan frozen food ini yang tidak mempunyai pori-pori sehingga makanan yang masuk didalam kemasan ini bisa awet lebih lama. Makanan beku yang sudah masuk di dalam kemasan juga harus di vakum untuk mengeluarkan udara yang berada di dalam kemasan.

Media Online

Dengan anda memasuki media online artinya potensi bisnis frozen food yang anda miliki bisa lebih mudah dijangkau lebih banyak para konsumen, meskipun usaha frozen food di rumah keuntungan profit anda kantoran juga. Buatlah akun dan manfaatkan jejaring media online seperti facebook, Instagram, tiktok, twitter, youtube, dan sebagainya.

Daftarkan Izin Edar makanan

Mengingat jenis usaha frozen food ini masuk dalam kategori makanan yang dikonsumsi oleh manusia, maka anda wajib mengikuti peraturan pemerintah untuk memastikan bahwa bisnis makanan beku yang anda buat layak di konsumsi dan aman di konsumsi manusia.

Itulah tadi peluang usaha frozen food di rumah dan panduan untuk memulainya dengan sukses.

copywriting

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *