fbpx

Tujuan Artikel dan Manfaat Menulis Artikel di Media Online

tujuan artikel dilengkapi ilustrasi cara membuat artikel.

TopikBisnis.com – Setidaknya ada berbagai macam alasan serta tujuan artikel itu dibuat. Dari sekian alasan tersebut, menulis artikel di media online menyimpan beberapa manfaat yang berguna juga, lho!

Keberadaan media online di era yang serba digital, kini telah menjadi ruang bagi siapapun dalam menyuarakan ide, gagasan, opini maupun kritik yang dituangkan ke dalam sebuah artikel.

Berikut ini alasan dan tujuan artikel itu dibuat beserta manfaatnya yang perlu kamu ketahui sebelum menulis artikel di media online, salah satunya bisa membentuk personal branding kamu.

3 Hal yang Mendasari Tujuan Artikel Dibuat di Media Online

1. Sebagai Sarana dalam Menyampaikan Informasi

ilustrasi membuat artikel (Pexels.com/Vlada Karpovich)
ilustrasi membuat artikel (Pexels.com/Vlada Karpovich)

Keberadaan media online memang dibuat dengan tujuan sebagai sarana dalam menyampaikan sebuah informasi.

Di media online, kamu bisa mulai menulis artikel untuk menuangan ide, gagasan, opini, hingga artikel yang berisi kritikan.

Tak jarang pula, artikel di media online kerap kali dibuat dengan tujuan untuk membuktikan sebuah penelitian dari karya tulis ilmiah berdasarkan data dan fakta.

2. Untuk Mempengaruhi atau Mempersuasi Pembaca

cara membuat artikel
ilustrasi pria sedang membuat artikel (Pexels.com/Andrea Piacquadio)

Tujuan artikel yang kedua adalah untuk mempengaruhi para pembaca. Biasanya, artikel ini berisi narasi yang meyakinkan para pembaca sesuai dengan keinginan dari si penulis itu sendiri.

Contoh artikel yang digunakan dengan tujuan mempengaruhi para pembaca, bisa kamu temukan pada iklan promosi suatu produk berbentuk artikel advertorial.

3. Memperluas Jangkauan Pembaca

ilustrasi pria sedang menulis artikel (Pexels.com/William Fortunato)
ilustrasi pria sedang menulis artikel (Pexels.com/William Fortunato)

Dengan menulis artikel di media online, kesempatan artikel-mu terbaca oleh para pembaca jauh lebih besar jika dibandingkan dengan media konvensional.

Karena pada dasarnya, kehadiran media online memang tidak dibatasi oleh ruang dan waktu. Hal inilah yang membedakan antara menulis artikel di media cetak dengan menulis artikel di media online.

Setelah kamu memahami tujuan penulisan artikel di media online, di bawah ini beberapa manfaat dari menulis artikel yang bisa kamu dapatkan.

Baca Juga: Ciri-ciri Artikel Beserta Penulisan Karya Ilmiah yang Baik dan Benar di Blog

5 Manfaat Menulis Artikel di Media Online

1. Menghemat Ruang Penyimpanan Komputer

panduan cara menulis artikel yang menarik untuk dibaca
ilustrasi pria sedang mengetik (Pexels.com/Vlada Karpovich)

Dengan menulis artikel di media online, manfaat yang kamu dapatkan salah satunya adalah penghematan ruang penyimpanan komputermu.

Selain itu, artikel yang kamu terbitkan di media online bisa dengan mudah kamu cari melalui mesin pencari Google.

Berbeda jika kamu menyimpan file artikel di komputer atau di flashdisk yang suatu saat dapat terjadi kerusakan bahkan mungkin kedepannya akan hilang.

2. Cakrawala Pengetahuanmu Terbuka Lebih Luas

tujuan artikel dibuat
ilustrasi seseorang sedang menulis (Pexels.com/Cottonbro)

Manfaat dari menulis artikel selanjutnya adalah pengetahuanmu akan sebuah informasi terbuka lebih luas lagi seiring berjalannya waktu.

Keadaan tersebut dapat terjadi, apabila selama proses pembuatan sebuah artikel, selalu dilakukan survei maupun observasi terkait bahan yang akan dijadikan rujukan sebuah tulisan.

Dengan begitu, semakin banyak kamu membaca artikel dari sumber-sumber media online yang terpercaya, maka semakin kaya pengetahuan yang akan kamu dapatkan.

3. Latihan Merunutkan Cara Berpikir

Ilustrasi memahami pengertian artikel (pexels.com/Andrea Piacquadio)
ilustrasi pria sedang menunjuk ke arah atas (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Dengan berlatih menulis, entah itu di media online maupun di media cetak, secara tidak sadar kamu akan terbiasa dalam merunutkan sebuah permasalahan.

Cara berpikir kamu lambat laun pun akan lebih tajam ketika dituangkan ke dalam sebuah artikel maupun karya tulis ilmiah.

4. Membentuk Personal Branding di Internet

personal branding
ilustrasi membangun personal branding (Pexels.com/Mikhail Nilov)

Pada akhirnya, jika kamu konsisten dalam membuat artikel dengan topik tertentu, pelan-pelan personal branding-mu akan dikenal di masyarakat dan terbentuk seiring berjalannya waktu.

Ibaratnya, personal branding ini tidak bisa terbentuk sehari-semalam, karena prosesnya memang dibutuhkan waktu yang berulang-ulang sampai melekat di benak para pembaca.

Semua proses tersebut kembali lagi pada konsistensimu ketika menerjunkan diri pada dunia kepenulisan dengan topik-topik tertentu.

5. Mendapatkan Uang dari Menulis Artikel di Media Online

cara mendapatkan uang dari internet
ilustrasi mendapatkan uang dari menulis artikel (Pexels.com/Karolina Grabowska)

Tak jarang, bagi sebagian orang di luaran sana yang menjadikan profesi penulis sebagai salah satu sumber penghasilannya untuk mencukupi hidup mereka.

Terlihat mustahil, namun faktanya keberadaan platform media online kini banyak menawarkan sejumlah kerja sama dengan berbagai-macam imbal jasa yang variatif bagi para penulis artikel.

Misalnya, ada media yang memberikan imbal jasa bagi penulis artikel yang dibayar berdasarkan jumlah page views tertentu (programmatic). Namun, ada pula penulis artikel yang dibayar berdasarkan per artikel yang berhasil diterbitkan oleh media online tertentu (kontributor).

Kesimpulan

Demikian artikel sederhana ini dibuat, dengan harapan agar kamu dapat memahami dibalik tujuan artikel itu dibuat serta manfaat yang didapatkan dari menulis artikel di media online. Semoga bermanfaat! ***

copywriting