fbpx
Adi Nugroho
Blog ini di update rutin setiap hari Senin-Jum'at. Menyajikan informasi seputar Dunia Bisnis, Entrepreunership, Motivasi & Pengembangan diri. Semoga bermanfaat buat Anda semua!

Tips Sukses Menjalankan Strategi Funnel Marketing pada Bisnis

Strategi Funnel Marketing

Dalam menjalankan bisnis, strategi funnel marketing bisa menjadi salah satu pilihannya. Hal ini dikarenakan funnel marketing sudah berada sejak lama. Bahkan sebelum kemunculan flywheel marketing, funnel marketing sudah ada lebih dahulu.

Ini pun diikuti oleh berbagai kalangan yang mulai menggunakan funnel marketing. Pada dasarnya dalam menjalankan funnel marketing ada banyak hal yang harus diperhatikan terutama masalah tips sukses dalam berbisnis. Berikut ini ada beberapa informasi yang bisa disimak dibawah ini:

Sabar

Pada strategi funnel marketing ini, dalam menjalankannya anda harus sabar. Karena tidak setiap hari, anda bisa mendapatkan calon pelanggan dengan mudah. Melainkan anda harus melakukan banyak usaha agar bisa mendapatkan target sesuai sasaran.

Tentunya bagi anda seorang pemula yang ingin menggunakan strategi ini maka harus berusaha sebaik mungkin. Karena tidak mungkin jika baru menjalankan sebuah bisnis langsung sukses itu tidak ada. Hal ini dikarenakan anda pun harus giat dalam melakukan promosi.

Baik promosi yang dilakukan dengan bertemu pelanggan secara tatap muka maupun melalui online. Salah satu hal untuk meningkatkan strategi funnel marketing adalah dengan menjawab apa yang dijual. Kemudian kenapa target pembeli harus memiliki produk yang Anda tawarkan.

Kemudian jika produk tersebut berhasil dibeli lalu apa gunanya ketika menggunakan produk tersebut. Beberapa pertanyaan tersebut tentu harus dijalankan dengan baik. Dan jangan lupa sesuaikan produk seperti apa yang ingin dijual.

Usahakan anda harus memiliki target pasar strategi funnel marketing yang sesuai dengan produknya. Hal ini membuat anda akan lebih mudah untuk mempromosikan di kategori tertentu. Untuk melakukan promosi bisa dengan content marketing dan traditional public relation.

Content marketing merupakan salah satu strategi promosi yang mempromosikan melalui teks. Melalui teks inilah bisa anda lakukan dimana saja dan kapan saja. Dan jangan lupa usahakan memberi informasi sesuai dengan produk yang dijual.

Selain target, anda bisa menambahkan beberapa poin strategi funnel marketing seperti mendapatkan nilai tambah berdasarkan konten yang dibuat. Pada pembuatan konten, usahakan jangan membuat informasi terkait hard selling tersebut.

Dalam hal ini, anda cukup memberikan hubungan kepada pelanggan. Saat ingin mendekati seseorang tentu ada banyak hal yang bisa anda lakukan. Jadi, samakan saja pada saat berbicara dengan orang pada umumnya.

Lalu ada pula traditional public relations, dimana strategi funnel marketing membutuhkan biaya yang banyak dalam membuatnya. Contohnya di iklan televisi, media cetak, radio, baliho, hingga berbagai media sosial lainnya. Terutama dalam membuat suatu event pasti membutuhkan kerja sama dari sponsorship.

Baca juga : Mengenal Strategi Flywheel Marketing & Tahapannya.

Lakukan Good Campaign

Barulah di tahap ini, anda bisa menceritakan kepada pelanggan terkait fitur dan kelebihan pada produk tersebut. Sebab jika fitur dan kelebihannya menarik perhatian pelanggan, tentu pelanggan tidak akan segan-segan dalam membelinya.

Pada tahap ini pula, anda harus membuat agar konsumen memilih produk anda terlebih dahulu dibandingkan produk lain. Biasanya anda bisa menggunakan nilai customer oriented, agar tidak terlalu tergesa-gesa dalam memberikan informasi.

Misalnya jika anda membeli produk ini, anda akan mendapatkan beberapa hal. Contoh kalimat tersebut bisa anda gunakan terutama bagi anda yang ingin memberikan penawaran kepada pelanggan. Pastikan anda menawarkan seperti ada di dalam mimpi.

Blog bisa menjadi salah satu contoh terbaik sebab disana ada banyak hal yang anda dapatkan. Mulai dari berbagai konten menarik yang hanya bisa anda temukan di blog. Selain itu, anda perlu tahu kalau blog merupakan media marketing yang ampuh untuk bisnis.

Untuk membuat konten di blog tidak perlu yang wah. Melainkan bisa dimulai dengan mengisi konten yang sederhana dengan menjabarkan fitur dan kelebihan di dalam produk tersebut. Kemudian anda bisa menuliskan konten seperti tips produk yang anda jual.

Misalnya saja anda menjual produk kecantikan, lalu anda bisa membuat judul tips membuat wajah berseri, salah satunya produk A. Nah, dengan adanya hal ini tentu membuat banyak orang bertanya-tanya.

Dengan beberapa konten yang berisikan produk tentu produk anda akan dikenal oleh banyak orang. Bukan hanya 1 atau 2 saja, melainkan ini akan berhubungan dengan pesanan produk yang dimiliki oleh perusahaan.

Jika anda tidak pintar dalam membuat konten, anda bisa memanfaatkan media sosial. Media sosial merupakan salah satu cara promosi yang paling ampuh di dalam bisnis. Anda bisa memanfaatkan media sosial seperti Instagram untuk mengunggah sebuah produknya.

Pastikan jika anda memiliki pengikut yang beragam, hal ini memudahkan pengguna dalam menjangkau produk tepat dan sesuai pasaran. Setelah itu, jalan terakhir adalah website. Website merupakan salah satu situs yang dapat memberikan wadah bagi anda untuk memasukkan produknya.

Dari website, anda cukup mengikuti saja langkah-langkahnya sebab dengan adanya langkah ini pelanggan tidak akan kebingungan nanti. Terutama ada banyak sekali berbagai pelayanan yang bisa dilakukan dalam melakukan pelayanan.

Mulai dari memberitahu awal tahapannya sampai produk diterima. Oleh karena itu, website merupakan hal penting dalam berbisnis. Biasanya website ini bisa digunakan untuk situs jual beli dimana anda bisa memasukkan langsung produknya.

Kehadiran strategi marketing funnel ini membuat pengguna lebih paham tentang apa itu funnel marketing. Pada dasarnya funnel merupakan model pemasaran yang bisa anda percayakan. Semoga informasi ini bisa menarik perhatian pelanggan yang melihatnya. Diharapkan artikel ini bisa memberikan pengetahuan lebih baik kedepannya. Semoga sukses.

copywriting

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *