fbpx
Adi Nugroho
Blog ini di update rutin setiap hari Senin-Jum'at. Menyajikan informasi seputar Dunia Bisnis, Entrepreunership, Motivasi & Pengembangan diri. Semoga bermanfaat buat Anda semua!

Strategi Menaikkan Penjualan Secara Efektif

strategi menaikkan penjualan

Setiap pelaku bisnis pasti ingin memiliki Strategi Menaikkan Penjualan Secara Efektif dan Efisien kemudian bisnis yang dijalankan mampu bertahan dengan jangka waktu yang relatif lama. Salah satu kunci kesuksesan dari bisnis yang digeluti itu tolok ukurnya adalah seberapa besar angka penjualan yang bisa dicapai dan menghasilkan keuntungan yang maksimal.

Namun sayangnya tidak semua para pelaku bisnis mampu menaikkan penjualan secara kontinyu, bahkan ada juga bisnis yang belum genap satu tahun sudah mengalami gulung tikar. Faktanya untuk menaikkan penjualan tidaklah semudah yang dibayangkan, dibutuhkkan strategi jitu agar bisnis yang dilakoni tetap hidup dan menghasilkan keuntungan yang sustainable.

Lantas strategi seperti apa yang harus dilakukan agar omset penjualan bisa naik melesat ke langit ke tujuh?

Jika dianalogikan secara sederhana bisnis itu tak ubahnya seperti gudang berisikan barang rongsokan yang berserakan menunggu untuk dikeluarkan segera. Barang rongsokan ini tidak akan bernilai harganya jika dijual dipasaran sebelum kita bisa mengemasnya secara baik. Proses pengemasan inilah yang acap kali di dunia bisnis kita kenal dengan istilah pemasaran.

Untuk menjalankan sebuah bisnis terlepas dari apapun produknya dibutuhkan sebuah media sebagai sarana promosi yang tepat agar produk yang dijual bisa dikenal secara luas oleh masyarakat. Meskipun produk yang dibuat bagus tapi jika gagal dalam mengenalkan dan memasarkannya, produk kita seperti yang kita analogikan diatas barusan tak ubahnya seperti barang rongsokan.

Banyak cara yang bisa dilakukan dalam aktivitas promosi sebuah produk. Bisa melalui media koran, internet, pamflet, banner dijalan raya, dan lain sebagainya. Kesemua aktivitas dari promosi di berbagai media tersebut mempunyai satu tujuan yaitu agar produk kita bisa dikenal secara luas.

Untuk memasarkannya diperlukan sebuah ide yang sangat kreatif dan sedikit berbeda akan lebih baik ketimbang menjiplak mentah-mentah cara strategi pemasaran yang dilakukan oleh kompetitor kita.

Berikut ini kami rangkum kunci Strategi Menaikkan Penjualan Secara Efektif & Efisien, Simak ulasannya dibawah ini :

#1-Free Tester

Promosi dengan memberikan sebuah contoh dari produk yang akan dijual bisa membantu calon konsumen untuk memahami sejatinya produk yang kita jual seperti apa dan bagaimana manfaat dari produk tersebut. Secara tidak langsung kita memberikan pengalaman kepada calon konsumen untuk mencoba produk itu sendiri , sehingga calon konsumen pun akan merasa senang dan penasaran dari apa yang kita tawarkan lebih lanjut lagi.

#2-Bundling Product

Strategi ini menggabungkan dari dua atau lebih produk kedalam paket satu harga yang sebenarnya produk itu dijual terpisah. Cara menjual seperti ini dengan menggabungkan suatu produk yang satu ke produk yang lain memiliki nilai tambah (Value added) di mata konsumen. Sehingga strategi ini sangat ampuh untuk dipergunakan diberbagai kondisi dan tak lekang oleh waktu tinggal kita mengemasnya dengan cara yang unik.

#3-Kemudahan Pembayaran

Pendekatan melalui cara ini memberikan kesan kepada calon konsumen kita bahwasannya produk yang dibeli bisa dibayar dengan cara dicil ataupun diangsur tanpa bunga dan biaya tambahan lainnya. Melalui strategi ini calon konsumen akan merasa diuntungkan dan tidak berat untuk membayar produk yang kita jual. Ujung-ujungnya closing dari sebuah produk akan lebih dekat dimata calon konsumen.

#4-Pemberian Layanan Garansi

Memberikan layanan garansi dari produk yang dijual dengan waktu tertentu akan memiliki nilai tambah di mata calon konsumen sebelum membeli. Artinya kita memberikan rasa aman kepada si calon konsumen sebelum membeli jika barang atau produk yang telah dibeli bisa diganti apabila rusak selama waktu tertentu setelah pembelian.

#5-Iklan Melalui Koran

Promosi menggunakan media iklan koran merupakan salah satu cara yang cukup terbilang ampuh sampai saat ini. Karena melalui media koran produk kita dapat ditemukan dan dikenal oleh masyarakat secara luas. Sekaligus pengenalan dan aktivitas promosi semacam ini menaikkan citra produk yang dibangun karena koran adalah media yang bisa dikatakan cukup kredibel dan ini dapat membantu brand kita dapat dipercaya oleh masyrakat.

#6-Iklan Melalui Media Sosial

Pemasaran melalui media sosial seperti blog, facebook, instagram, twitter, tiktok, whatsapp, telegram, bahkan youtube sekalipun merupakan cara yang terbilang cukup efektif ditengah hiruk pikuk-nya penetrasi dunia digital. Bagaimana tidak semua media sosial tersebut keberadaannya dapat diakses oleh semua lapisan masyarakat dari anak kecil hingga orang dewasa.

Sehingga cara promosi melalui media sosial lebih cepat dibandingkan media konvensional biasa seperti koran. Sejumlah perusahaan raksasapun sekelas BUMN menggunakan media sosial sebagai ajang promosi dan branding karena dinilai cukup efektif dalam meningkatkan penjualan produk mereka

#7-Testimonial

Berikutnya gunakan testimoni dari sejumlah konsumen yang telah membeli dan merasakan manfaat dari produk yang kita jual. Upaya ini merupakan bagian dari meningkatkan kredibelitas dan kepercayaan dimata konsumen maupun calon konsumen itu sendiri. Sehingga hanya melalui testimoni yang positif keberadaan produk kita di masyarakat di persepsikan sebagai produk yang dapat dipercaya dan unggul dibandingkan kompetitor.

Testimoni yang baik adalah testimoni yang dibuat murni dari konsumen yang telah merasakan manfaat dari produk yang dijual, bukan testimoni yang dibuat melalui serangkaian skrip/naskah yang dibuat-buat.

Percayalah melalui testimoni yang natural dan spontan dari konsumen lah produk kita dapat memenangkan persaingan dan menaikan penjualan dari produk itu sendiri.

#8-Gratis Ongkir

Mayoritas dimasyarakat selalu tertarik dengan kata “gratis”. Ya upaya ini bisa dicoba dengan cara memberikan layanan gratis biaya pengiriman kesejumlah daerah untuk menarik minat dari calon konsumen itu sendiri. Biasanya pengiriman bebas ongkir atau gratis ongkir tersebut dilakukan ketika berbelanja dengan membeli produk melalui online dalam jumlah kuantitas yang banyak.

#9-Berikan Diskon

Diskon merupakan cara efektif dan memberikan stimulus dibenak kepala calon konsumen dalam upaya menarik perhatian untuk segera melakukan pembelian produk tersebut. Program diskon dirancang sedemikian rupa agar dapat terlihat dengan jelas dimata calon konsumen.

Pemberian diskon seyogyanya dilakukan secara bijak dan terukur, sehingga tidak memberikan kerugian dari aktivitas tersebut. Mempelajari perilaku konsumen atau kebiasaan konsumen menjadi faktor kunci dari sebuah kesuksesan dalam memasarkan sebuah produk agar tepat sasaran termasuk diskon.

Rangkuman dari Strategi Menaikkan Penjualan Secara Efektif & Efisien.

Berdasarkan dari uraian diatas terdapat 9 langkah strategi yang wajib kita lakukan ke dalam lini bisnis yang akan dijalani, ke 9 dari point diatas adalah:

  1. Free Tester
  2. Bundling Product
  3. Kemudahan Pembayaran
  4. Pemberian Layanan Garansi
  5. Iklan Melalui Koran
  6. Iklan Melalui Media Sosial
  7. Testimonial
  8. Gratis Ongkir
  9. Berikan Diskon

Belajar Strategi Menaikkan Penjualan Secara Efektif Melalui Facebook & Instagram Ads

Seperti yang diulas sebelumnya keberadaan orang beraktifitas di sosial media yang dapat diakses oleh semua lapisan masyarakat mulai dari anak kecil hingga orang dewasa, Khususnya untuk facebook dan instagram ada lebih 2 milyar potensial customers yang bisa disasar.

Maka tidak ada salahnya jika kita belajar beriklan secara cerdas dan bergabung pada komunitas dimana kita bisa bertanya apabila mengalami permasalahan dalam bisnis yang dijalani. Pelajari selengkapnya Disini!

Penutup Strategi Menaikkan Penjualan Secara Efektif

Demikianlah artikel ini dibuat sebagai panduan & penambah wawasan khususnya bagi para pelaku bisnis yang baru memulai usaha. Semoga dapat berguna dan tentu saja membaca tanpa melakukan aksi nyata sama dengan bermimpi disiang bolong.

Akhir kata semoga kita semua diberikan rizki yang berkah dan berlimpah dari usaha kita semua ini. Amiin!

Wassalammualaikum Wr.Wb

copywriting

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *