fbpx
Adi Nugroho
Blog ini di update rutin setiap hari Senin-Jum'at. Menyajikan informasi seputar Dunia Bisnis, Entrepreunership, Motivasi & Pengembangan diri. Semoga bermanfaat buat Anda semua!

Pengertian Manajemen Sumber Daya Manusia, Tujuan Hingga Fungsinya

Manajemen Sumber Daya Manusia

Pengertian manajemen sumber daya manusia bisa diartikan dalam berbagai hal. Pada umumnya setiap perusahaan memang memiliki divisi HR atau Human Resource. Divisi inilah yang mengurus beragam keperluan perusahaan.

Mulai dari sumber daya manusia atau biasa disebut SDM, manajemen sumber daya manusia atau MSDM. Hal ini dilakukan agar semua pekerjaan bisa dikerjakan secara langsung dan tanpa adanya hambatan sama sekali. Tetapi sebenarnya apa yang dimaksud dengan manajemen sumber daya manusia?

Definisi Manajemen Sumber Daya Manusia

Manajemen sumber daya manusia atau MSDM bisa diartikan sebagai salah satu fungsi sebuah perusahaan agar lebih difokuskan pada kegiatan rekrutmen. Mulai dari pengelolaan hingga pengarahan bagi para calon karyawan yang ingin bekerja di dalam perusahaan.

Selain membahas mengenai rekrutmen, biasanya divisi Human Resource atau HR ini mengelola manajemen SDM untuk menyediakan pengetahuan. Mulai dari peralatan apa saja yang dibutuhkan oleh perusahaan, pelatihan, layanan administrasi.

Selain itu, ada pembinaan, saran hukum, pengawasan dan manajemen talenta. Biasanya hal ini ditujukan untuk mencapai tujuan perusahaan. Manajamen sumber daya manusia berperan penting di suatu bisnis dan menjadi tanggung jawab pihak HRD.

Bahkan setiap divisi hr harus menjalankan tugas hingga tanggung jawab dalam mengembangkan perusahaan dengan menerapkan berbagai nilai serta budaya pada perusahaan. Sehingga pihak HRD juga harus bertanggung jawab supaya bisa memastikan perusahaan meiliki tim yang saling merangkul satu sama lain.

Tujuan Manajemen Sumber Daya Manusia

Selain membahas masalah manajemen sumber daya manusia, ada banyak tujuan yang anda dapatkan. Tentu sebelum memahami lebih dalam tentang tujuannya, anda ingin tahu apa itu manajemen sumber daya manusia.

Pada dasarnya manajemen sumber daya manusia bisa memudahkan anda tentang keinginan yang ingin anda capai. Tetapi dalam mencapai keinginan itu memang membutuhkan waktu yang tidak singkat melainkan sangat membutuhkan waktu yang lama.

Pertama, bisa dijadikan sebagai salah satu upaya untuk mengembangkan efektivitas kerja sumber daya manusia di dalam organisasi. Dalam meningkatkan efektivitas kerja pada dasarnya bisa dilakukan dengan berbagai cara.

Salah satunya bisa dengan mengembangkan kebijakan komunikasi yang terbuka. Kehadiran manajemen sumber daya manusia adalah hal yang penting. Dalam hal ini posisi team leader yang akan memfasilitasi komunikasi antara pihak manajemen dan karyawan.

Pihak HR harus mampu berdiskusi satu sama lain. Sehingga akhirnya muncullah komunikasi dua arah yang bisa digunakan. Hal ini tentu bisa mengatasi permasalahan dengan mudah tanpa adanya percekcokan sama sekali.

Kemudian dalam meningkatkan manajemen sumber daya manusia serta meningkatkan efektivitas. Cara kedua bisa dengan melakukan pertemuan rutin, mungkin dengan adanya hal ini karyawan bisa lebih mengemukakan pendapatnya.

Sehingga perusahaan tidak akan mendapatkan permasalahan selama adanya hal ini. Bahkan setiap orang bisa lebih mengenal karakter di dalam 1 timnya. Cara ketiga bisa dengan mengetahui gaya kerja hingga kepribadian setiap anggotanya.

Baca Juga : 7 Cara Merekrut Karyawan, Dijamin Mendapat Kandidat Terbaik

Seorang pemimpin yang baik adalah seorang pemimpin yang bisa sadar akan beragam perbedaan di dalam anggota tim. Sebagai seorang human resource, anda adalah orang pertama yang bertemu dengan karyawan.

Tentu saja anda membutuhkan bantuan data serta informasi seperti apa karyawan yang ingin diterima. Sebut saja seperti latar belakang pendidikan, pengalaman kerja dan hal lainnya. Dengan membaca semua informasi, anda akan lebih mudah dalam mendapatkan karyawan secara produktif.

Lalu ada cara keempat yaitu dapat mengizinkan setiap anggota untuk berpartisipasi. Sebagai seorang HR, anda dituntut untuk lebih sensitif kepada setiap karyawannya. Pastikan tidak ada karyawan yang jarang mengemukaan pendapat.

Kemudian terakhir, jangan lupa untuk memperhatikan anggota timnya. Banyak orang yang mengatakan kalau key performance indicator bisa dijadikan sebagai salah satu ukuran yang tepat. Terutama bagi anda seorang team leader yang ingin mengevaluasi produktivitas anggota tim.

Kedua, memperbaiki kualitas tenaga kerja. Dengan memperbaiki kualitasnya, anda bisa memberikan kontribusi yang lebih kepada perusahaan. Sehingga perusahaan tidak akan kekurangan kontribusi dari para karyawannya.

Ketiga, memberikan aturan kerja. Setiap perusahaan tentu memiliki aturan kerja yang berbeda-beda antara satu sama lain. Sehingga sebagai seorang HR, anda diminta untuk memberikan aturan kerja kepada setiap karyawan yang bekerja di perusahaan.

Keempat, bisa menyeimbangkan tujuan antara masing-masing individu. Kehadiran manajemen sumber daya manusia memiliki pengaruh baik sebab dapat menyelaraskan beragam tujuan. Hal ini harus dilakukan agar mencapai tujuan bersama.

Fungsi

Selain memiliki tujuan yang beragam, manajamen sumber daya manusia juga memiliki beberapa fungsinya. Salah satunya dapat mengatur kegiatan, biasanya ada 3 kegiatan yang dilakukan seperti perencanaan, penarikan hingga seleksi.

Semakin lama perusahaan berdiri maka semakin banyak pula sumber daya manusia yang dibutuhkan. Untuk itulah, manajemen bisa berfungsi sebagai menyediakan, menyaring dan memilih sdm yang akan bergabung ke dalam perusahaan.

Bahkan manajemen sumber daya manusia juga memiliki beberapa fungsi lainnya seperti evaluasi, penggantian atau kepuasan atau reward. Ada pula bisa dijadikan sebagai pelatihan dan penasehat, bisa membangun relasi,  hingga beberapa hal lainnya.

Membicarakan masalah manajemen sumber daya manusia tentu memiliki peranan penting dalam sebuah perusahaan. Terutama bagi anda yang sering menjadi seorang hrd tentu anda harus menjalankan tugas dan tanggung jawab dengan benar. Hal ini tentu berpengaruh kepada kinerja perusahaan di masa mendatang. Semoga bermanfaat!

copywriting

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *