fbpx
Adi Nugroho
Blog ini di update rutin setiap hari Senin-Jum'at. Menyajikan informasi seputar Dunia Bisnis, Entrepreunership, Motivasi & Pengembangan diri. Semoga bermanfaat buat Anda semua!

Mengenal Konsep Dasar Manajemen Keuangan

Konsep Dasar Manajemen Keuangan

Memahami konsep dasar manajemen keuangan sedari dini sangatlah penting, hal tersebut dilakukan agar Anda tetap bisa memenuhi kebutuhan dengan baik.

Di zaman yang serba modern ini, Anda harus pandai-pandai mengelola pemasukan dan pengeluaran, karena saat ini kebutuhan semakin banyak dan tidak mudah didapat.

Memahami konsep dasar manajemen keuangan bukan hanya tugas mereka yang berusia paruh baya dan lanjut usia, Anda generasi millennial harus bisa memahami dan menerapkan manajemen keuangan secara baik.

Berdasarkan teori Solomon, manajemen keuangan adalah cara efektif dalam menentukan penggunaan dana untuk dijadikan sumber daya ekonomi.

Berikut beberapa tips manajemen keuangan ala generasi millennial:

1. Membuat Rincian Kebutuhan

Hal pertama yang harus Anda lakukan yaitu mencatat kebutuhan yang dibutuhkan dalam satu bulan. Untuk kebutuhan pokok ataupun kebutuhan yang tidak boleh tertinggal catat di bagian paling atas.

Biasakan membeli kebutuhan yang memang Anda butuhkan, hindari pembelian kebutuhan hanya karena keinginan. Dengan membuat catatan lengkap terkait daftar kebutuhan, Anda bisa memprediksi pengeluaran setiap bulan.

Jangan lupa beri kelonggaran pada kalkukasi, karena harga kebutuhan pokok bersifat dinamis, bisa berubah setiap waktu.

2. Investasi

Investasi menjadi bidang yang banyak dipilih oleh generasi millennial untuk menerapkan konsep dasar manajemen keuangan yang baik.

Saat ini, sudah banyak berkembang platform investasi, Anda juga harus berhati-hati dalam memilih platform investasi. Pilih tempat investasi yang aman, yaitu yang terdaftar secara resmi di Otoritas Jasa Keuangan. Hal tersebut dilakukan untuk meminimalisir resiko yang kemungkinan terjadi.

3. Memiliki Dana Darurat

Anda tidak akan tahu apa yang akan terjadi beberapa menit ke depan, sesuatu yang tidak direncakan bisa saja terjadi. Misalnya, tiba-tiba anggota keluarga ada yang jatuh sakit dan membutuhkan biaya pengobatan yang cukup besar.

Pada saat itulah dana darurat berguna, bayangkan jika Anda tidak memiliki dana darurat dan sedang tidak memegang uang sama sekali. Pasti hal tersebut akan membuat kebingungan dan panik, apalagi keluarga harus segera ditangani.

Oleh karenanya, Anda harus memahami dan menerapkan konsep dasar manajemen keuangan dengan baik.

4. Memanfaatkan Teknologi

Saat ini aplikasi manajemen keuangan banyak bermunculan, Anda bisa memanfaatkan salah satu aplikasi tersebut untuk membantu dalam mengelola keuangan. Berikut beberapa rekomendasi aplikasi pengelola keuangan:

  • Money lover

Fitur canggih yang ditawarkan money lover yaitu bisa mencatat pengeluaran harian, membuat anggaran belanja, mencatat pemasukan, hingga menganalisa pengeluaran terbesar.

Selain itu, aplikasi ini bisa Anda unduh gratis di Play Store, iOS, bahkan Windows Store.

  • Teman bisnis

Aplikasi ini diperuntukkan untuk Anda yang baru memulai bisnis. Fitur unggulannya yaitu Anda bisa mengkategorikan pengeluaran dan pemasukan berdasarkan sumber masing-masing. Selain itu, aplikasi ini bisa Anda manfaatkan untuk mencatat kredit atau utang, dan nantinya bisa secara otomatis menghitung laporan keuangan.

Aplikasi ini menjadi platform paling tepat untuk menerapkan konsep dasar manajemen keuangan.

  • Wallet

Fitur unggulan dari aplikasi ini yaitu dapat disinkronkan dengan akun online banking dari berbagai bank. Tentu fitur ini sangat memudahkan merekam transaksi secara otomatis, sehingga Anda tidak perlu repot-repot mencatatnya secara manual.

Tidak hanya itu, fitur unggulan lain yang dimiliki Wallet yaitu fitur perencanaan bisnis di masa depan. Aplikasi ini menawarkan fitur aplikasi gratis dan berbayar, untuk menikmati semua fitur canggih yang disediakan, Anda harus mengunduh aplikasi Wallet versi berbayar.

Itulah beberapa tips memahami konsep dasar manajemen keuangan dan rekomendasi aplikasi untuk mengelola keuangan. Perlu Anda ketahui, mengelola keuangan dengan baik sejak muda akan memberikan banyak manfaat, diantaranya:

1. Mempunyai dana darurat apabila terjadi krisis finansial

Kebutuhan merupakan hal wajar untuk dipenuhi, namun akan lebih baik jika Anda memiliki perencanaan keuangan, sehingga mudah untuk mengatur pemasukan dan pengeluaran. Jika sejak awal Anda sudah memiliki perencanaan keuangan dengan baik, maka ketika ada situasi krisis, Anda tidak akan panik dan kebingungan.

2. Mempersiapkan dana usaha jika ingin membuka bisnis

Selain mengandalkan sumber utama pemasukan, sebagian orang ingin mengawali bisnis sampingan. Untuk mempersiapkan bisnis tersebut, Anda harus menyisihkan uang secara teratur untuk modal bisnis dan biaya lain terkait aktivitas bisnis di masa depan nanti.

3. Mempunyai dana untuk pensiun hari tua

Saat hari tua, pasti Anda menginginkan menikmati hari tua dengan bersantai bersama keluarga, tanpa harus pusing memikirkan pemasukan lagi. Oleh karena itu, persiapkan sejak dini dana pensiun, alokasikan dengan jumlah tertentu dari total pemasukan yang ada.

4. Mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, seperti sakit, kecelakaan, bahkan kematian

Tidak sedikit orang yang terkena musibah secara tiba-tiba dan bingung mencari biaya. Hal tersebut dikarenakan mereka tidak memiliki pengelolaan keuangan yang baik, mereka tidak mempersiapkan dana darurat. Dengan dana darurat, hal-hal tidak terduga akan mudah di atasi dan tidak akan membuat keuangan menjadi kacau.

5. Mempersiapkan biaya pernikahan, persalinan, pendidikan anak, dll.

Saat berkeluarga, kebutuhan hidup akan semakin banyak. Anda bukan hanya memikirkan diri sendiri, ada suami dan anak yang juga harus dipikirkan kebutuhannya.

Anda harus memastikan kebutuhan keluarga terpenuhi dengan baik. Oleh karena itu, Anda harus pandai-pandai memanajemen keuangan dengan baik sejak dini.

Pengelolaan keuangan yang baik akan mendatangkan banyak manfaat. Sebab, selain harus memikirkan sumber pemasukan, Anda juga harus pandai-pandai mengelolanya.

Pemasukan yang banyak tidak menjamin keuangan akan aman, jika Anda tidak mengalokasikan uang dengan baik. Untuk melakukan pengelolaan keuangan dengan baik, Anda bisa menerapkan tips-tips di atas, semoga berhasil.

copywriting

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *