fbpx
Adi Nugroho
Blog ini di update rutin setiap hari Senin-Jum'at. Menyajikan informasi seputar Dunia Bisnis, Entrepreunership, Motivasi & Pengembangan diri. Semoga bermanfaat buat Anda semua!

[McD x BTS] Bom yang diledakkan oleh Army, dalam Substansi Strategi Pemasaran

strategi pemasaran bts meal

Mungkin bagi manajemen McD & BTS mereka tentu saja tidak akan menyangka, bentuk dari strategi pemasaran yang mereka lakukan akan sukses dan menjadi pemberitaan hangat yang banyak beredar di jagad dunia maya.

Pasalnya keberadaan Army atau yang kerap kita ketahui sebagai fans fanatik dengan militansi yang kuat ini, menjadikan boyband asal korea ini populer dikalangan para remaja di belahan dunia ini.

Kita lihat saja minggu kemarin ketika pertama kalinya produk BTS Meal diluncurkan kegilaan mulai terjadi di gerai McD di 50 Negara Bagian termasuk tak ketinggalan Indonesia.

Kegilaan ini disebabkan oleh tumpahnya barisan para ojol yang sedang mengantri orderan online di hampir semua gerai McD, hingga bentuk penyegelan pun terpaksa dilakukan oleh kepolisian demi mengantisipasi penyebaran virus covid19 yang lagi merebak.

lalu pelajaran bisnis apa yang bisa kita ambil dari fenomena McD x BTS ini ?

Sebenarnya ada tiga pelajaran mendasar dan berharga yang bisa diambil dari sudut pandang strategi pemasaran jika anda adalah seorang praktisi marketing, bisnis Owner ataupun pegiat bisnis UMKM.

Mari simak selengkapnya dan tetap fokus pada artikel yang kami tulis dibawah ini, karena dunia pemasaran sedang beralih dari gaya pemasaran kolonial menuju era milenial.

Pelajaran Bisnis #1 : The Power of Community

Tentu saja McD sebagai sebuah brand raksasa internasional pastinya sangat selektif dalam hal memilih siapa yang akan menjadi brand ambassadornya untuk memenangkan persaingan dalam dunia bisnis fast food.

Berdasarkan dari pengamatan yang sudah kami lakukan, ternyata fanbase dari BTS yang acap kali dikenal dengan sebutan Army ini sangat loyal sekali terhadap BTS sebagai public figurenya.

Entitas atau keberadaan Army ini bukan sekedar follower, bukan pula sebagai konsumen akan tetapi mereka ini adalah sebuah komunitas garis keras dengan visi kecintaan yang sama terhadap BTS dan mereka ini akan siap menjadi pembela pertama dari public figurenya yakni BTS dalam menghadapi hatersnya.

Maka tidak heran apabila terjadi ledakan kehebohan dihampir 50 negara bagian termasuk indonesia ketika peluncuran BTS Meal pertama kali dilakukan, mulai dari rakyat bawah hingga Pak Erik Thohir Menteri BUMN ikut membelikan produk ini untuk anak bungsunya “Alia” dilansir dari akun Instagram pribadinya.

Jadi jika anda sebagai bisnis owner ataupun pegiat marketing ketika mempunyai produk yang akan dipasarkan ke masyarakat, maka jauh-jauh hari bangunlah komunitas yang solid untuk brand anda, selayaknya BTS sebagai public figurenya menciptakan sebuah komunitasnya yang fanatik dengan sebutan Army.

Namun membangun sebuah komunitas bukan lah perkara yang cukup mudah, faktanya menciptakan sebuah komunitas dengan kecintaan fanatik yang sama sesuai visi dari masing-masing sebuah brand dibutuhkan anggaran marketing yang tidak sedikit. Dan itu disadari oleh manajemen McD maka kolaborasi McD x BTS adalah Solusi yang cukup memangkas biaya marketing lebih murah dibandingkan McD harus membuat komunitas dari awal yang akan menghabiskan anggaran yang besar.

Ini penting untuk diketahui oleh teman-teman UMKM agar jangan gegabah dalam melakukan promosi maupun endorse ke para Influencer.

Telitilah dalam memilih endorser perhatikan apakah si Influencer ini memiliki sebuah komunitas didalam followersnya atau hanya sekedar followers biasa saja. Akan sangat disayangkan uang yang digelontorkan untuk biaya promosi terbuang sia-sia jika para followers mereka bukan followers solid seperti yang dimiliki oleh fans fanatik BTS ini.

Pelajaran Bisnis #2 : The Most Powerful Salesman is Your Customer

Seperti yang kita ketahui manusia adalah makhluk sosial yang butuh antara satu dengan yang lain umumnya mereka selalu mempunyai rasa penasaran akan suatu kerumunan, dimana diberbagai kesempatan akan membicarakannya antara satu dengan yang lainnya sebagai wujud rasa ingin berbagi walau hanya sekedar informasi.

Celah inilah yang dimanfaatkan oleh McD sebagai sarana dalam mempromosikan produknya. Motor penggerak promosi mereka memang awalnya dari BTS kemudian diteruskan oleh Army sebagai fans fanantik melalui kecanggihan dari sosial media di internet.

Padahal hanya sekedar foto makanan dan packaging berwarna ungu dengan label BTS yang diupload di sosial media.

Melalui konten yang dibuat oleh para Army terus menerus inilah menciptakan efek bola salju dan Viral diberbagai sosial media. Imbasnya tentu saja orderan diseluruh gerai McD naik tajam dan secara tidak langsung melebarkan branding mereka lebih luas lagi ke masyarakat.

Pelajaran Bisnis #3 : Torment The Customer

Disinilah cerdiknya manajemen McD dalam memahami perilaku manusia dan efek psikologi konsumen ketika memasarkan produknya.

Siasat jitu berikutnya yang dilakukan oleh McD adalah “Torment The Customer”, yaitu dengan menyiksa konsumen-nya berupa pembatasan ketersediaan BTS Meal yang hanya bisa diperoleh melalui tiga chanel : Drive Thru, Order delivery, Online delivery.

Apa tujuannya? jelas untuk menciptakan efek Ekslusifitas dan rasa penasaran bagi masyarakat. Dan bagi para Army yang fanatik mereka merasa menjadi istimewa jika berhasil mengkoleksi semua atribut BTS yang dikeluarkan termasuk packaging BTS Meal ini.

Baca Juga : 6 Teknik Psikologi Pemasaran ini mampu Memikat Konsumen Hingga Klepek-klepek

Demikianlah tiga pelajaran penting bentuk strategi dan ilmu pemasaran powerful yang bisa kita ambil dari kolaborasi dua brand besar McD x BTS ini. Dimana Ketiganya yang telah disebutkan diatas tadi adalah:

  1. The Power of Community
  2. The Most Powerful Salesman is Your Customer
  3. Torment The Customer

Semoga anda semua selalu mendapatkan insight dari setiap artikel yang kami publish di blog ini.

copywriting

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *