fbpx
Adi Nugroho
Blog ini di update rutin setiap hari Senin-Jum'at. Menyajikan informasi seputar Dunia Bisnis, Entrepreunership, Motivasi & Pengembangan diri. Semoga bermanfaat buat Anda semua!

Lakukan hal ini Sebelum Resign dari Kerjaan!

sebelum resign dari kerjaan

Renungkan kembali sebelum resign dari kerjaan. Memang pada kenyataanya memutuskan untuk resign atau berhenti dari pekerjaan adalah sesuatu yang wajar dan alasannya bisa sangat bermacam-macam. Mulai dari mengalami kebosanan karena sudah berada dititik jenuh dengan rutinitas pekerjaan, gaji yang pas-pasan, karir tidak mengalami kenaikan yang signifikan, bos yang bersikap arogan terhadap bawahannya, dan berbagai sebab lainnya.

Apapun alasannya masing-masing dari kita tentu pernah merasakan lintasan dari pikiran semacam ini untuk kemudian memutuskan resign dari kerjaan.

Sebagai informasi dilansir dari CNN INDONESIA, Badan Pusat Statistik (BPS) telah mencatat jumlah pengangguran di indonesia mencapai 8.5 juta orang pada februari 2021 tahun ini. Berbeda dengan bulan februari di tahun 2020 kemarin yang tembus 6,93 juta orang.

Disini kita bisa melihat dengan jelas tingkat pengangguran dalam periode satu tahun terakhir mengalami kenaikan yang massive sebesar 1.82 juta orang.

Banyak perusahaan dengan terpaksa melakukan phk besar-besaran terhadap para karyawannya karena laju bisnis yang dijalani mengalami penurunan yang mengakibatkan kerugian terhadap perusahaan-perusahaan tersebut.

Oleh sebab itu dibutuhkan persiapan jika ingin melakukan resign dari pekerjaan.

Tanpa persiapan yang matang, bersiaplah menjadi beban negara dan beban keluarga ditengah hantaman covid-19 ini apabila selama rentang waktu resign tersebut kita belum mendapatkan pekerjaan yang baru.

kalau begitu persiapan dan langkah kongkrit seperti apa yang harus di lakukan sebelum resign dari kerjaan?

Ada baiknya simak ulasan dibawah ini karena setidaknya ada 3 hal utama yang harus kita garis bawahi sebelum resign, supaya hidup kita tidak amburadul.

Sambil menyimak sajian artikel yang bermanfaat ini siapkan kopi hangatnya untuk diseruput agar otak menjadi refresh dan tidak meronta-ronta.

#Langkah1-Financial Planning

Ya perencanaan keuangan yang jelas menjadi langkah pertama sebelum memutuskan untuk resign dari kerjaan, mengapa hal ini penting untuk dilakukan sebagai langkah awal?

Karena pada masa-masa awal resign hidup kita dipenuhi dengan ketidakpastian dan perencanaan keuangan harus bisa memastikan seberapa lama dana darurat atau tabungan tersebut dapat menopang perekonomian internal kita.

Idealnya kita perlu menyiapkan dana tabungan kita 6 kali dari jumlah gaji atau penghasilan kita sebelum resign dari tempat kerja, dan satu hal lagi dana tabungan tersebut harus mampu menopang kebutuhan hidup kita paling tidak 6 bulan hingga 1 tahun setelah berhenti kerja.

Pada masa-masa tersebut jangan boros dalam pengeluaran dan rencanakan dengan sangat rinci segala pengeluaran yang ada.

#Langkah2-Side Income Stream

Memastikan bahwa kita memiliki sumber pendapatan diluar dari gaji atau penghasilan utama tentu saja akan memberikan kita keleluasaan dalam berfikir setelah resign.

Mengapa?

Karena pada saat itu yang bisa menopang kehidupan kita setelah dana tabungan adalah sumber penghasilan lainnya diluar sumber penghasilan utama dalam hal ini gaji.

Ada baiknya penghasilan sampingan yang dimiliki tersebut besarnya 50% dari gaji utama kita, sukur-sukur malahan bisa sama angkanya atau malah akan lebih baik lagi jika melampauinya.

Namun dilangkah awal penghasilan sampingan dengan 25% dari gaji utama kita terbilang sudah cukup baik.

Ini dilakukan supaya menjaga otak kita tetap waras dalam bertindak, ketika penghasilan utama hilang kita masih dapat hidup dan bertahan dengan penghasilan sampingan tersebut. Jangan sampai kita terjebak hutang sana sini untuk membiayai hidup.

#Langkah3-Upgrade & Miliki Skill Sesuai Dengan Tuntutan Jaman

Coba renungkan sejenak dan resapi skill yang kita miliki saat ini apakah sudah menjawab sesuai dengan tuntutan jaman?

Dan untuk mengetahui apakah skill yang kita miliki sudah sesuai dengan tuntutan jaman dan bernilai jual tinggi serta mempunyai daya saing yang tinggi haruslah bisa menjawab pertanyaan ini:

“Jika detik ini kita resign, seberapa lama kita mampu mendapatkan pekerjaan yang baru?”

Tentu saja makin cepat makin baik, itu artinya skill yang kita miliki sudah sesuai dengan tuntutan jaman bernilai jual dan mempunyai daya saing yang tinggi.

Bisa dibilang skill kita dibutuhkan oleh banyak perusahaan yang akan terbuka lebar untuk menerima kita setelah kita resign dari kerjaan di tempat yang lama.

Oleh sebab itu alangkah lebih baiknya jika kita selalu upgrade skill selama bekerja dimanapun berada, sebelum memutuskan resign dari kerjaan. Skill tersebut juga tidak harus sesuai dengan pekerjaan utama kita. Yang terpenting poinnya adalah skill tersebut mampu menjawab pasar dunia kerja ataupun dunia bisnis jika kita ingin mengawali karir sebagai entrepreuner setelah resign.

Sayangnya masih banyak pengangguran di negara kita ini karena lemahnya knowledge dan skill yang dimiliki.

Sehingga plonga-plongo tidak tahu harus melakukan apalagi setelah resign karena alasan emosi sesaat untuk memutuskan resign dari kerjaan adalah sebuah tindakan yang kurang bijak.

Kesimpulan Sebelum Resign dari Kerjaan

Jadi demikianlah tiga langkah kongkrit yang harus dilakukan sebelum resign dari kerjaan, mudah-mudahan bisa menjadi bahan renungan apakah kita benar-benar sudah cukup siap untuk melakukan resign?

Tiga langkah kongkrit dalam menyiapkan keputusan untuk resign yang telah dibahas tersebut adalah:

  1. Financial Planning
  2. Side Income Stream
  3. Upgrade & Miliki Skill Sesuai Dengan Tuntutan Jaman

Terakhir apapun keputusan yang kita buat, semoga tuhan selalu menyertai rizki yang berkah di setiap keadaan yang kita jalani.

copywriting

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *