fbpx
Adi Nugroho
Blog ini di update rutin setiap hari Senin-Jum'at. Menyajikan informasi seputar Dunia Bisnis, Entrepreunership, Motivasi & Pengembangan diri. Semoga bermanfaat buat Anda semua!

13 Ide bisnis Jualan Makanan yang Laris di Kampung 2021

Penasaran dengan ide bisnis jualan makanan yang laris di kampung? Walaupun mungkin nampaknya kurang begitu modern dari kawasan perkotaan, potensi dari bisnis di kampung sangat besar juga lho. Beberapa varian makanan yang bisa Anda jual pun sangat banyak mulai dari makanan berat hingga makanan ringan.

Membuka bisnis makanan di kampung tidak memerlukan modal yang begitu besar. Apabila dimungkinkan Anda pun bisa memulai berjualan di depan rumah untuk menghemat modal di awal.

Jualan Makanan yang Laris di Kampung

Jualan Makanan yang Laris di Kampung
Ilustrasi gambar sumber: pexels/klaus nielsen.

Ide bisnis makanan bisa Anda dapatkan dari berbagai sumber salah satunya dari blog topikbisnis.com. Agar bisnis makanan yang anda rencanakan untuk di geluti bisa sukses di masa depan, sebaiknya simak beberapa referensi jualan makanan yang laris di kampung 2021 berikut ini:

Nasi Padang

Walaupun tidak berada di Padang juga, Anda bisa dengan mudah untuk membuat warung nasi asal Padang ini. Makanan khas Padang merupakan makanan yang disukai oleh warga Indonesia. Jika Anda yang tahu dan piawai bagaimana metode serta cara dalam meracik bumbu masakan Padang ini, bisa mencoba jualan makanan ini di tahun 2021. Karena bisnis kuliner ini termasuk salah satu bisnis makanan yang tak lekang oleh jaman.

Pecel Lele

Penasaran konsep jualan makanan yang laris di kampung? Tidak perlu pusing untuk memikirkan Ide bisnis baru, Anda cukup meningkatkan kemampuan dalam berjualan makanan pecel lele yang sudah merakyat ini.

Jualan makanan pecel lele termasuk ke dalam bisnis kuliner yang sangat menjanjikan dengan rentang keuntungan yang besar. Supaya bisnis ini bisa tumbuh dengan baik dikemudian hari, Anda bisa bekerja sama dengan penjual lele di kampung. Pilih penjual lele yang menawarkan harga bagus dan optimal dengan mutu yang bisa terbilang baik.

Nasi goreng

Nasi goreng merupakan salah satu makanan rumahan yang sering kali Anda beli di luar. Tidak hanya dimakan, namun nasi goreng bisa juga dijadikan sebagai bisnis dengan sumber penghasilan yang terbilang cukup ok.

Nasi goreng ialah salah satu ide jualan makanan yang laris di kampung, namun di perkotaan juga pasti laku. Karena telah banyak orang yang mencoba bisnis kuliner yang satu ini.

Oleh-oleh Khas Daerah

Tiap daerah biasanya mempunyai makanan ataupun masakan khas daerahnya yang bisa dijadikan oleh-oleh ketika berkunjung ke daerah tersebut. Biasanya oleh-oleh ini sebagai ikon dari daerah kota tersebut.

Nah, oleh-oleh makanan khas daerah ini bisa anda masukkan sebagai list jualan makanan yang laris di kampung Anda dengan memasarkannya secara online.

Langkah awal, pilihlah tipe oleh-oleh makanan yang bisa dipasarkan secara online, dengan ketahanan makanan ini tidak basi minimal 2 hari pengiriman. Contohnya seperti keripik, dodol, bakpia, makanan kalengan, sambal, abon, dan lain sebagainya.

Langkah selanjutnya packaging atau pengemasan makanan wajib jadi perhatian Anda, sebab pengiriman harus bisa di akomodir sampai ke wilayah yang lumayan jauh.

Dengan pemilihan produk serta pengemasan yang tepat, Ide bisnis makanan online rumahan ini lumayan menjanjikan di masa depan.

Bubur

Bubur merupakan salah satu jualan makanan yang laris di kampung, yang sampai saat ini masih mempunyai penggemar yang setia. Variannya juga beragam tergantung dari kreasi yang Anda pilih. Ataupun Anda bisa juga mencoba resep makanan dari suatu daerah, contohnya bubur khas dari Manado.

Soto

Indonesia mempunyai banyak varian makanan soto. Ada soto ayam, daging, babat, Betawi, Bogor, Lamongan sampai Banjar. Berbagai macam varian masakan soto ini bisa dijadikan peluang bisnis jualan makanan yang laris di kampung. Soto merupakan hidangan makanan yang cocok dengan lauk pauk dan nasi.

Bakso dan Mie Ayam

Hampir seluruh masyarakat Indonesia mengenal dan menggemari kedua hidangan makanan ini. Itulah sebabnya jualan makanan yang laris di kampung salah satunya adalah bakso dan pangsit mie ayam. Kenyataannya Anda bisa melihat banyak penjual bakso ataupun mie ayam di tiap kota ataupun kampung.

Supaya hemat biaya, Anda dapat berjualan bakso ataupun mie ayam di rumah. Media yang dibutuhkan untuk dipersiapkan tidak banyak cukup meja dan kursi-kursi kecil untuk tempat duduk pembeli saja. Kunci sukses agar jualan makanan yang laris di kampung ini adalah pada konsistensi rasa serta harga yang bersaing.

Daripada mematok harga yang cukup besar, sebaiknya dari awal Anda pasang harga terjangkau ataupun setara dengan harga pasar di sekitar. Ketika pembeli yang menyukai bakso ataupun mie ayam Anda cocok, barulah Anda naikkan harga sedikit demi sedikit.

Aneka Jajanan

Aneka jajanan bisa juga menjadi ide jualan makanan yang laris di kampung, yang paling pas menjualnya di tepi jalur utama ataupun di wilayah sekolahan.

Terdapat banyak varian kue jajanan yang sangat laris di kantin sekolahan. Contohnya adalah es krim ataupun coklat Beng Beng, sosis pedas, martabak mini, takoyaki, telur gulung, dan lain sebagainya.

Karena disukai hampir oleh seluruh golongan, aneka jajanan tersebut pula bisa dimulai dengan modal yang sangat minim dan juga proses pemasaran yang gampang.

Seblak

Seblak menjadi makanan yang menarik di mata warga, keunikan rasa serta karakteristik khas bumbunya menjadi sebuah cita rasa makanan khas yang hingga saat ini banyak diburu konsumen.

Mulai dari orang yang berjualan makanan ini di pinggir jalan hingga dengan berjualan secara online sudah banyak meraup keuntungan, sebab seblak telah menjadi makanan yang digemari di masyarakat.

Bahan seblak juga mudah untuk dicari sehingga ini bisa menjadi jualan makanan yang laris di kampung dengan bahan dasar kerupuk yang juga ditambah dengan bahan makanan lain, semacam telur, makaroni, ceker, bakso, dan lain sebagainya.

Untuk penjual online akan lebih gampang, sebab Anda tinggal mempersiapkan kerupuk mentah ditambah bumbu yang telah diolah pembeli cukup mengolah masakan ini karena semua sudah tersedia.

Frozen Food

Masyarakat yang tinggal di perkampungan pun menggemari hal-hal yang serba instan. Anda bisa memulai dengan mencoba menjual berbagai makanan dalam bentuk frozen food dengan jumlah yang banyak, sehingga mereka bisa membelinya dan menyiapkan stok di rumah.

Frozen Food merupakan salah satu jualan makanan yang laris di kampung tetapi bisnis semacam ini biasanya memerlukan banyak sekali lemari pendingin dan pastinya energi listrik lumayan besar. Keuntungan juga gampang sekali didapatkan ketika telah sesuai dengan sasaran pasar yang diharapkan. Baik itu jangka pendek maupun jangka panjangnya.

Roti Bakar

Pasti Anda telah kerap kali menjumpai orang yang berjualan makanan ringan roti bakar di pinggiran jalan. Biasanya mereka akan menjualnya di kawasan perkotaan pada saat hari telah mulai gelap.

Anda bisa memulai bisnis makanan ini dengan menjual roti bakar dari bermacam varian rasa mulai dari rasa coklat, kacang, keju, susu serta masih banyak lagi. Jangan lupa untuk siapkan catatan menu beserta biayanya supaya para pembeli bisa lebih mudah ketika memesan. Memulai bisnis ini biasanya hanya dengan memakai gerobak di depan rumah.

Martabak

Seluruh masyarakat Indonesia sudah pasti tahu dong dari jenis makanan yang satu ini yaitu martabak.

Walaupun tidak termasuk kedalam makanan pokok, perihal tersebut tidak membuat bisnis makanan yang satu ini sepi peminat. Alasannya, karena martabak makanan yang dijadikan jajanan dan camilan.

Tidak hanya itu, hingga sampai saat ini martabak terus mempunyai varian yang sangat banyak. Terlebih lagi apabila Anda salah satu orang yang suka bereksperimen dengan suatu rasa.

Bukan cuma hanya coklat, kacang ataupun keju, tetapi apapun bisa dijadikan varian baru sepanjang mengerti trik dalam menentukan komposisinya.

Cilok

Saat mendengar nama cilok, sebagian orang pasti teringat kembali dan mengingat masa kecilnya pada makanan ringan yang satu ini.

Jajanan yang satu ini begitu terkenal di berbagai daerah, baik perkotaan ataupun perkampungan. Karena disebabkan cita rasanya yang unik.

Cilok adalah salah satu jualan yang laris di kampung, dan mungkin sepanjang jaman. Serta termasuk sebagai makanan khas Sunda dan eksistensinya juga senantiasa terpelihara hingga hari ini.

Itulah tadi beberapa rekomendasi jualan makanan yang laris di kampung 2021, dan bisa Anda coba sebagai bahan referensi untuk bisnis Anda di kemudian hari. Saat ini berbisnis tidak hanya diawali di kawasan padat penduduk perkotaan saja, melainkan bisa juga di lakukan di daerah perkampungan, asalkan Anda mempunyai inovasi-inovasi serta cerdik dalam memilih posisi yang strategis.

copywriting

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *