fbpx

Doa agar Terbebas dari Hutang yang Menumpuk Sesuai Anjuran Rasulullah SAW

doa agar terbebas dari hutang yang menumpuk

TopikBisnis.com – Menjalani kehidupan di dunia ini tiap manusia tentu tidak akan luput dari perihal hutang piutang, tentunya kali ini ada kiat dan doa agar terbebas dari hutang yang menumpuk sesuai anjuran Rasulullah SAW.

Melunasi hutang ialah suatu kewajiban yang wajib dilunasi oleh orang yang berhutang. Hutang piutang dalam ajaran islam bukanlah dilarang. Perihal ini menunjukkan kalau sikap saling tolong menolong dengan sesama manusia. Tetapi bila seseorang tidak bisa melunasi hutangnya maka dia bakal berdosa serta nanti bakal dipertanggung jawabkan dikala di akhirat nanti.

Untuk itulah sudah jadi kewajiban buat kita seluruhnya yang berhutang untuk menunjukkan itikad baik untuk melunasi uang yang kita pinjam. Dengan demikian, secara tidak langsung kita telah menjalin silaturahmi yang baik dengan orang yang memberikan hutang terhadap kita.

Perihal ini sebagaimana yang disebutkan dalam salah satu riwayat hadits, Rasulullah SAW bersabda:

Barangsiapa yang mengambil harta-harta manusia( berhutang) dengan niatan mau melunasinya, maka Allah akan melunaskannya. Serta barang siapa yang berhutang dengan keinginan mau merugikannya, maka Allah bakal membinasakannya” (HR Bukhari: 2387).

Jadi bila Anda disaat ini tengah merasa kesusahan dalam melunasi hutang, perlu diketahui kalau agama islam sudah mengajarkan kita supaya berdoa kepada Allah SWT agar dapat terbebas dari belenggu tersebut.

Berikut ini doa agar terbebas dari Hutang yang menumpuk sesuai anjuran Rasulullah SAW.

Doa Ketika Terhimpit dan Terlilit Hutang

“Allahumak- finii bi halaalika‘ an haroomik, wa agh- niniy bi fadhlika‘ amman siwaak

Artinya: “Ya Allah cukupkanlah aku dengan yang halal serta jauhkanlah aku dari yang haram, serta cukupkanlah aku dengan karunia-Mu dari bergantung pada selain- Mu.” (HR. Tirmidzi).

Doa supaya terbebas dari rasa malas untuk bayar Hutang

“ Allahumma inni audzubika minal hammi wal hazani wa‘ audzubika minal‘ ajzi wal kasali wa audzubika minal jubni wal bukhli wa audzubika min ghalabatid daini wa qahrir rijali.”

Artinya: “Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kebingungan dan kesedihan, aku berlindung kepada-Mu dari kelemahan dan kemalasan, aku berlindung kepada-Mu dari ketakutan dan kekikiran, aku berlindung kepada-Mu dari lilitan utang dan tekanan orang-orang“. (HR Dawud).

Itulah tadi beberapa doa agar terbebas dari Hutang yang menumpuk sesuai anjuran Rasulullah SAW yang dapat Anda amalkan di setiap kesempatan. Tetapi butuh diingat, tiap doa yang Anda panjatkan wajib diiringi dengan usaha yang optimal pula seperti dengan menjalankan sholat 5 waktu dan juga menjalankan puasa sunnah senin dan kamis. Dengan begitu mudah-mudahan Allah SWT bakal membukakan jalan supaya menghapus kesulitan keuangan yang Anda rasakan dan memudahkan setiap usaha Anda. Amin ya rabbal alamin!

Baca Juga : 8 cara melunasi hutang dengan cepat dan halal

copywriting