fbpx

Ciri-ciri Artikel Beserta Penulisan Karya Ilmiah yang Baik dan Benar di Blog

ciri-ciri artikel dan penulisan karya tulis ilmiah yang baik dan benar di blog

TopikBisnis.com – Setelah sebelumnya kita pernah membahas ciri-ciri artikel dalam jurnalistik, pada kali ini kita akan melangkah lebih jauh lagi untuk membahas penulisan karya ilmiah yang baik dan benar di blog maupun di media online.

Karya tulis ilmiah atau biasa disebut dengan artikel ilmiah merupakan bentuk laporan tertulis yang diterbitkan dari hasil riset secara struktural, mendalam dan komprehensif.

Tujuan dibuatnya karya tulis ilmiah tersebut antara lain, sebagai sarana pengembangan ilmu pengetahuan. Dimana, hal itu untuk memudahkan pembaca dalam memahami isi keseluruhan informasi yang disajikan dalam bentuk artikel secara akurat dan rinci.

Jika menilik dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) yang diakses pada Minggu, 8 Mei 2022 di situs Kemdikbud, pengertian karya ilmiah secara harfiah merupakan karya tulis yang dibuat dengan prinsip-prinsip ilmiah, berdasarkan data dan fakta (observasi, eksperimen, kajian pustaka).

Artikel ilmiah dan karya tulis ilmiah mempunyai peranan yang sangat penting bagi kemajuan di dunia pendidikan dan penelitian. Hampir sebagian besar, karya tulis ilmiah tersebut dibuat berdasarkan riset oleh lembaga penelitian maupun pendidikan yang kompeten.

Sebagai contohnya, jenis karya tulis ilmiah yang mungkin terdengar tidak asing di telinga kita antara lain seperti, Skripsi, Tesis, Disertasi, Makalah, dan Paper.

Baca Juga: Tujuan Artikel dan Manfaat Menulis Artikel di Media Online

Lalu, apakah bisa menulis artikel di blog ataupun di media online dengan gaya penulisan seperti halnya karya tulis ilmiah?

Tentu saja bisa dan malahan akan lebih bagus jika kamu menerapkannya di blog pribadimu. Artikel yang ditulis dengan gaya penulisan artikel ilmiah, dimana mencatut rujukan dari sumber-sumber yang kredibel, akan menguatkan setiap tulisanmu yang bermuatan opini.

Jadi, artikel opini yang kita tulis di blog maupun di media online landasannya kuat, bukan opini kosong belaka yang tidak mempunyai kedalaman dalam berpikir kritis.

Berikut ini ciri-ciri artikel dan cara penulisan karya ilmiah yang baik dan benar, sebagaimana dikutip dari Modul 1 Hakikat dan Karakteristik Karya Ilmiah oleh Prof. Dr. I G. A. K. Wardani, M.Sc.Ed, pada laman Universitas Terbuka, Minggu, 8 Mei 2022.

Ciri-ciri Artikel dan Penulisan Karya Ilmiah yang Baik dan Benar

ciri-ciri artikel dan penulisan karya ilmiah yang baik dan benar di blog.
ilustrasi menulis artikel ilmiah di blog dan di media online (unsplash.com/Tyler Franta)

1. Artikel Ilmiah Berisi Informasi Solutif

Berdasarkan dari isinya, artikel ilmiah atau karya tulis ilmiah banyak menyajikan informasi serta pengetahuan yang rinci ke dalam bentuk gagasan yang sifatnya bisa berupa deskripsi tentang sesuatu hal maupun pemecahan suatu permasalahan.

2. Artikel Ilmiah Ditunjang oleh Data dan Fakta

Ciri-ciri artikel ilmiah yang kedua harus didasarkan dari kajian empirik berdasarkan data dan fakta atau pada teori-teori yang telah diakui kebenarannya di kalangan para intelektual maupun pihak-pihak yang kompeten.

3. Artikel Ilmiah Berisi Kebenaran

Dalam penulisan sebuah artikel ilmiah maupun karya tulis ilmiah harus mengandung kebenaran yang sifatnya obyektif serta kejujuran pada setiap tulisan yang dibuat.

Hal ini dilakukan karena publik berhak tahu mengenai kebenaran suatu informasi di tengah beredarnya informasi-informasi hoax yang merajalela.

4. Penulisan Artikel Ilmiah Menggunakan Bahasa Baku

Dari sisi bahasa, di setiap penulisan artikel ilmiah dan karya tulis ilmiah menggunakan bahasa yang baku serta banyak menggunakan istilah teknis, selain istilah-istilah yang bersifat denotatif.

5. Artikel Ilmiah Ditulis Terstruktur

Sistematika penulisan artikel dibuat secara terstruktur mengikuti cara-cara tertentu dengan pembahasan yang lengkap.

Demikian informasi yang bisa disampaikan terkait ciri-ciri artikel dan cara penulisan karya ilmiah yang baik dan benar. Semoga informasi ini dapat bermanfaat dalam kegiatan kepenulisanmu di blog maupun di media online.***

copywriting