fbpx
Adi Nugroho
Blog ini di update rutin setiap hari Senin-Jum'at. Menyajikan informasi seputar Dunia Bisnis, Entrepreunership, Motivasi & Pengembangan diri. Semoga bermanfaat buat Anda semua!

8 cara melunasi hutang dengan cepat dan halal

cara melunasi hutang dengan cepat dan halal
Ilustrasi pexel/nathan cowley

Cara melunasi hutang dengan cepat dan halal

Apakah Anda termasuk yang lagi bingung bagaimana cara melunasi hutang dengan cepat dan halal?

Sudah banyak cara yang dilakukan namun tak kunjung menuai hasil, yang ada malah terlilit hutang, betul?

Tak perlu khawatir mungkin saja ada beberapa hal yang anda lewatkan, karena untuk melunasi hutang itu dibutuhkan rencana dan strategi.

Bagi anda  yang saat ini sedang berjuang untuk melunasi hutang sebaiknya simak dan baca dengan serius artikel berikut ini 8 cara melunasi hutang dengan cepat dan halal, siapa tahu jawaban serta cara melunasi hutang yang kami paparkan pada artikel ini bisa membantu masalah keuangan anda.

Berdoa kepada Allah SWT agar dimampukan Melunasi Hutang

Cara melunasi hutang dengan cepat dan halal
ilustrasi pexel/monstera

Mustahil rasanya jika anda bisa melunasi hutang tanpa menyertakan setiap usaha & kerja keras anda dengan berdoa kepada allah.

Karena hanya dengan berdoa dan berdzikir kepada allah maka hati anda akan tenang dan tentu saja ini akan mempengaruhi bagaimana cara anda berfikir untuk melunasi hutang-hutang anda dengan kepala yang dingin dan logika yang masih waras.

Bagi Anda yang muslim Istiqomah & konsistenlah, minimal jangan lepas dari beribadah Sholat 5 waktu seperti yang diwajibkan dalam agama islam.

Memilah Tipe Hutang

Cara melunasi hutang dengan cepat dan halal
ilustrasi pexel/mikhail nilov

Pada umumnya terdapat 2 tipe hutang yang biasa dilakukan di masyarakat, yang pertama adalah hutang yang dilakukan kepada perorangan atau individu secara langsung tanpa melibatkan pihak ketiga.

Biasanya akad hutang yang dilakukan kepada perorangan ini, untuk pelunasannya bisa dilakukan secara cepat dan langsung banyak, dan penyelesaiannya pun bisa dilakukan secara kekeluargaan.

Sedangkan untuk tipe hutang yang kedua yakni dilakukan kepada Lembaga keuangan seperti perbankan atau multifinance.

Untuk tipe hutang ini biasanya dibedakan lagi berdasarkan tujuan penggunaan dari dana yang dipinjam, mulai dari tujuan yang sifatnya hutang produktif misalnya: untuk membangun usaha ataupun hutang konsumtif untuk membiayai sekolah anak.

Silahkan anda pilah sendiri dan mulai mengenali tipe hutang yang manakah saat ini anda sedang jalani, kemudian persiapkan cara melunasi hutang dengan cepat dan halal di kemudian hari.

Catat Pengeluaran dan Pemasukan Keuangan

Cara melunasi hutang dengan cepat dan halal
ilustrasi pexel/rodnae

Ketika Anda berencana untuk melunasi hutang, maka perlu sekali untuk melakukan rekap pencatatan keuangan baik pengeluaran maupun pemasukan secara detail dan mendalam.

Dengan melakukan pencatatan keuangan secara terperinci dan detail, ini akan membantu Anda dalam memonitor besaran pemasukan dari penghasilan anda yang Anda miliki rutin setiap bulan.

Jadi salah satu cara melunasi hutang dengan cepat dan halal yaitu dengan melakukan pencatatan keuangan anda dengan rapi, baik pengeluaran maupun pemasukan.

Silahkan dipilah-pilah dan diprioritaskan dari pemasukan anda untuk membayar pinjaman dan hutang anda sebelum jatuh tempo.

Mencari penghasilan Tambahan

Cara melunasi hutang dengan cepat dan halal
ilustrasi pexel/ahsanjaya

Setelah anda melakukan pencatatan pengeluaran beserta pemasukan bulanan anda, namun hanya cukup untuk makan sehari-hari dan tidak ada sisa dana untuk membayar hutang anda, maka jalan satu-satunya ialah dengan menambah sumber penghasilan anda.

Lalu bagaimana caranya menambah sumber penghasilan?

Nah, pada fase ini semua tergantung bagaimana anda mengembangkan kreatifitas serta skill yang anda miliki. Misalnya anda pandai & cukup berbakat dalam hal menulis, silahkan mulailah membuka jasa kepenulisan atau bisa juga anda menjalani bisnis online dengan menjadi dropshipper maupun reseller.

Yang perlu di garis bawahi ketika hutang anda VS penghasilan anda lebih besar pasak dari pada tiang “Jangan Malas” untuk mencari penghasilan tambahan. Karena cara melunasi hutang dengan cepat dan halal itu tidak ada yang instan semua butuh proses dan perjuangan.

Memangkas Pengeluaran

Cara melunasi hutang dengan cepat dan halal
ilustrasi pexel/karolina grabowska

Apabila dengan menambah penghasilan tambahan masih saja belum cukup untuk membayar hutang yang anda miliki, maka mulai cermati pengelolaan keuangan anda karena mungkin saja ada pengeluaran yang tidak terlalu penting tapi tetap anda keluarkan.

Perbaiki Gaya Hidup

Cara melunasi hutang dengan cepat dan halal
ilistrasi pexel/jae park

Gaya hidup yang ingin terlihat keren di mata orang lain namun jika tidak berkaca pada penghasilan yang anda miliki sesuai kapasitas anda, pastinya akan menyiksa anda sendiri.

Semisal jika belum sanggup untuk memiliki mobil yang notabene ini termasuk kebutuhan sekunder dan yang anda miliki hanya sepeda motor, maka tidak perlu terburu-buru untuk membeli mobil sementara penghasilan anda masih pas-pasan. Apalagi anda membeli mobil tersebut dengan sistem kredit wah bisa-bisa anda pusing sendiri nantinya dikemudian hari.

Tapi jika sudah terlanjur anda terjerat dengan hutang yang anda rasa susah untuk melunasinya, saran kami balik lagi ke poin nomer 4 dengan mencari penghasilan tambahan.

“Jangan pernah melakukan gali lubang tutup lubang, bayar hutang dengan cara berhutang di tempat yang lain”.

Kami jamin makin runyam hidup anda jika anda melakukan cara tersebut, karena itu bukan termasuk cara melunasi hutang dengan cepat dan halal.

Menjual Aset yang dimiliki

Cara melunasi hutang dengan cepat dan halal
ilustrasi pexel/rodnae

Jika ternyata hutang yang anda miliki saat ini termasuk dalam kategori bahaya seperti pinjaman online yang terkadang besaran bunga melebihi besaran dari pada hutang pokoknya itu sendiri, maka anda perlu melakukan Langkah yang cukup ekstrim.

Salah satu cara melunasi hutang dengan cepat dan halal berikut ini yaitu dengan menjual aset yang dimiliki, mungkin bagi sebagian orang berfikir cara menjual aset ini sulit sekali untuk dilakukan.

Namun mengambil Langkah ini justru jauh lebih baik dari pada membiarkan jumlah hutang anda membengkak hingga anda tak sanggup untuk membayar hutang yang anda miliki ini.

Tentu saja semuanya tetap dilakukan sembari anda mencari penghasilan tambahan.

Mintalah bantuan dari Ahli Keuangan

Cara melunasi hutang dengan cepat dan halal
ilustrasi pexel/karolina grabowska

Langkah selanjutnya mengenai cara melunasi hutang dengan cepat dan halal yaitu dengan meminta bantuan dari para ahli yang memiliki kapasitas dalam menyelesaikan hutang secara professional.

Langkah ini bisa diambil hanya jika jumlah hutang, biaya konsultasi beserta solusi dari para ahli keuangan tersebut ideal dengan solusi yang mereka tawarkan.

Penutup

Itulah tadi 8 cara melunasi hutang dengan cepat dan halal yang mungkin cocok dan bisa anda aplikasikan untuk menyelesaikan hutang yang anda miliki.

Mungkin solusi dari artikel ini belum sempurna sesuai yang anda harapkan, namun inilah yang bisa kami bagikan untuk anda semua.

Semoga dengan apa yang kami tulis ini bisa berkenan dan menenangkan jiwa anda dalam menyelesaikan hutang anda, tentu saja anda perlu sekali untuk menjaga kewarasan anda dalam berfikir untuk menyelesaikan hutang-hutang yang anda miliki tersebut.

Silahkan anda bagikan artikel ini ke kerabat dan saudara-saudara terdekat anda barang kali artikel ini bisa membantu meringankan beban mereka.

Akhir kata semoga artikel ini 8 cara melunasi hutang dengan cepat dan halal bisa bermanfaat. Terimakasih, tetap semangat dan salam sukses untuk kita semua!

copywriting

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *