fbpx
Adi Nugroho
Blog ini di update rutin setiap hari Senin-Jum'at. Menyajikan informasi seputar Dunia Bisnis, Entrepreunership, Motivasi & Pengembangan diri. Semoga bermanfaat buat Anda semua!

9 Strategi Pemasaran Online Paling Powerful

strategi pemasaran online

Sekarang ini banyak sekali perusahaan yang mulai menggunakan strategi pemasaran online. Hal ini tentu dikarenakan penggunaan media sosial sangat berpengaruh bagi kehidupan sehari-hari. Terutama dalam mempromosikan sebuah produk bisa dimulai dari melalui iklan.

Iklan merupakan salah satu alat dalam mempromosikan produk secara tepat dan jelas. Selain bisa membantu produk agar dijangkau oleh banyak orang. Ada banyak strategi pemasaran yang bisa anda lakukan di bawah ini:

1. Cloud Marketing

Cloud marketing merupakan salah satu strategi pemasaran online yang bisa memudahkan anda dalam melakukan pemasaran. Hal ini dilakukan agar bisa meningkatkan pengalaman pembeli dalam membeli sesuatu.

Biasanya cloud marketing ini bisa membawa beragam sumber daya hingga aset perusahaan ke dunia online. Tak heran jika strategi pemasaran digital ini bisa anda andalkan ketika ingin menjual produk secara online.

Ketika berjualan online anda bisa memulai melakukan strategi pemasaran online dengan menjangkau konsumen di seluruh Indonesia. Baik saat konsumen sedang bermain media sosial memeriksa email atau mengunjugi website jual beli anda.

2. Online Marketing

Dalam melakukan strategi pemasaran digital bisa dengan online marketing. Ada banyak hal yang bisa dilakukan dengan media sosial, seperti memanfaatkan website, email, hingga augmented reality. Jika menginginkan anda bisa menggunakan iklan berbayar.

Selain itu, usahakan membuat konten secara berkualitas agar melakukan strategi pemasaran online tidak akan sia-sia.  Biasanya jika mengungah 1 unggahan di internet bisa diakses oleh ratusan juta orang di berbagai negara.

Oleh karena itu, dalam menjalankan bisnis disarankan untuk menggunakan online marketing. Karena bisa lebih memudahkan anda dalam berjualan secara online. Bahkan anda tetap bisa menjangkau berbagai konsumen secara global.

3. Close Range Marketing

Strategi pemasaran online kali ini bisa memanfaatkan perangkat yang dapat menjalankan bluetooth dan wifi sebut saja seperti smartphone. Dalam melakukan close range marketing biasanya perusahaan bisa memanfaatkan bluetooth dan wifi dalam melakukan promosi.

Selain itu, anda bisa memberikan layanan secara langsung kepada konsumen yang ingin melakukan pembelanjaan. Biasanya jika pelanggan tertarik dengan produk, maka anda bisa langsung mengirimkan beberapa penawaran dengan harga khusus.

4. Call To Action Marketing

Call to action marketing atau CTA ini merupakan strategi pemasaran online yang menggunakan pernyataan yang sudah dirancang secara khusus. Biasanya bisa mendapatkan respon langsung terutama bagi orang yang membaca atau mendengarnya.

Ada beberapa contoh strategi yang bisa digunakan seperti: dapatkan informasi lengkap hanya di sini, dapatkan sekarang juga, promo terbatas. Anda juga bisa mencoba strategi yang lain yaitu tonton video ini merupakan salah satu cara agar pelanggan mudah mengerti pesan yang ingin anda sampaikan.

Kehadiran CTA atau call to action marketing ini bertujuan agar mendapatkan klik. Selain itu, pelanggan biasanya bisa melakukan pindaian kode qr dengan syarat penjual harus sudah melakukan strategi pemasaran digital secara online.

5. Email Marketing

Email marketing adalah salah satu strategi pemasaran yang bisa dijalankan menggunakan email sebagai salah satu media promosi perusahaan. Biasanya pihak perusahaan akan mengirim email kepada calon konsumen maupun konsumen setia.

Dengan menawarkan produk ini perusahan diharapkan dapat memiliki konsumen baru. Bahkan bisa memberikan update produk secara berkala. Dan berniat menjalin hubungan dengan konsumen yang setia.

Ini merupakan salah satu strategi yang bisa dicoba oleh perusahaan. Karena hal ini menggunakan strategi yang bersifat personal. Bahkan anda bisa melakukan promosi ke 1 orang saja atau ke seluruh konsumen yang pernah membeli produk anda.

Baca Juga : Mengenal 5 Strategi Pemasaran Word of Mouth

6. Augmented Reality Marketing

Baru-baru ini terdapat salah satu teknologi bernama augmented reality marketing merupakan sebuah kemampuan dalam menambahkan elemen digital. Hal inilah yang membuat orang bisa melihat tampilan secara langsung hanya dengan menggunakan kamera saja. Dalam melakukan pemasaran biasanya perusahaan menggunakannya untuk membuat konsumen bisa mencoba produknya secara virtual.

Sebut saja salah satu toko kosmetik mulai menggunakan virtual artist dengan modiface yang memperlihatkan konsumen mencoba produk makeup tersebut. Kehadiran aplikasi ini tentu bisa mengetahui alat atau produk yang diinginkan dalam menerapkan produk tersebut.

7. Inbound Marketing

Inbound marketing bisa dilakukan dengan menggunakan konten serta interaksi yang maksimal. Hal ini menjadi salah satu solusi agar menarik perhatian konsumen dalam mendekatkan diri pada sebuah produk hingga layanan perusahaan.

Dalam memanfaatkan kebiasaan konsumen yang mulai menggunakan media sosial setiap hari. Inbound marketing memudahkan anda dalam melakukan beragam promosi di media sosial, surat elektronik, search engine, website dan blog pribadi.

8. Content Marketing

Content Marketing bisa menjadi salah satu strategi pemasaran yang mudah. Karena promosi yang dilakukan bisa dengan melakukan pendistribusian konten yang relevan mulai dari untuk menarik, memperoleh hingga melibatkan target konsumen.

Ada banyak konten yang bisa digunakan foto, video, story, artikel, audio dan beragam konten lainnya. Jadi hal ini tergantung kepada kebutuhan perusahaan dalam melakukan promosi. Tetapi perusahaan harus tetap melakukan pemantauan agar materi konten yang dihasilkan bisa menjadi sempurna.

9. Search Engine Marketing

Search engine marketing atau SEM bisa dimulai dengan melakukan hasil mesin pencarian melalui kegiatan promosi website. Atau bisa dikatakan sebagai membeli traffic dengan membayar mesin pencarian seperti Google.

Dalam meningkatkan promosi bisa dengan berbagai cara, salah satunya bisa menggunakan strategi pemasaran digital yang ada. Selain bisa menjangkau banyak orang, produk yang anda jual bisa cepat laris dalam waktu yang singkat.

Itulah tadi uraian dari 9 strategi pemasaran online yang efektif untuk diterapkan kedalam bisnis. Semoga bermanfaat!

copywriting

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *