fbpx
Adi Nugroho
Blog ini di update rutin setiap hari Senin-Jum'at. Menyajikan informasi seputar Dunia Bisnis, Entrepreunership, Motivasi & Pengembangan diri. Semoga bermanfaat buat Anda semua!

7 Usaha Sampingan Terbaik Untuk Karyawan

usaha sampingan karyawan

Berkarir sebagai karyawan bukan berarti menjadikan penghalang untuk mempunyai usaha sampingan yang bisa mendatangkan cuan diluar dari penghasilan gaji pokok bulanan sebagai karyawan.

Sejatinya melakukan aktifitas bisnis ataupun usaha dengan status sebagai karyawan adalah sesuatu yang lumrah untuk dilakukan selama aktifitas dari usaha tersebut tidak mengganggu kode etik di perusahaan tempat kita bekerja. Akan tetapi, masih banyak diluaran sana para karyawan yang belum ataupun tidak ingin memulai usaha sampingan dikarenakan alasan klise yaitu modal.

Memang pasalnya masih banyak yang beranggapan untuk memulai usaha sampingan ataupun menjalankan sebuah roda bisnis diperlukan modal yang cukup besar. Karena mindset yang salah inilah akibatnya banyak para karyawan yang ogah-ogahan, merasa di zona nyaman dengan kondisi gaji tetap yang didapatkan sebagai karyawan dan juga sering takut untuk memulai bisnisnya karena tidak ingin mengalami kerugian jika usaha sampingan tersebut gagal alias bangkrut.

Padahal sebenarnya ada beragam jenis bisnis sampingan yang cocok untuk dijalankan bagi para karyawan dengan modal yang relatif cukup kecil yang bisa menambah pundi-pundi pendapatan agar dapur rumah tetap ngebul.

Berikut 7 Usaha Sampingan Terbaik Untuk Karyawan yang layak dicoba:

1. Penulis Lepas / Freelance Writer

Menjadi penulis lepas adalah opsi usaha sampingan yang cukup menjanjikan ditengah perkembangan dunia digital. Jutaan website yang berada di internet mereka semua membutuhkan artikel/tulisan yang perlu di update berkala supaya bisa ditemukan oleh search engine.

Peluang yang satu ini bisa dicoba hanya jika anda mempunyai hobi membaca dan menulis atau setidaknya mempunyai passion yang cukup besar di dunia jurnalis.

Rata-rata per satu artikel bahasa indonesia dengan jumlah seribu/kata kurang lebih (4-5 halaman), bisa dijual dikisaran 35 ribu rupiah. Anggaplah anda mampu menulis 10 artikel dalam satu minggu = 350 ribu rupiah, jika satu bulan berarti 350 ribu X 4 minggu = 1.4 juta rupiah dalam sebulan. Lumayan bukan?

2. Bisnis Franchise / Waralaba

Peluang usaha yang satu ini sangat cocok bagi kita para karyawan yang memang belum mempunyai pengalaman di dunia bisnis. Mengapa sangat cocok?

Karena melalui sistem franchise pemodal tidak dipusingkan lagi dengan membuat sistem operasional suatu bisnis, semuanya sudah diatur sesuai SOP yang ditawarkan dari masing-masing franchise tersebut. Konsep Bisnis franchise memungkinkan para pemodal pemula untuk bisa belajar sekaligus praktik membuka bisnis yang tentu saja menguntungkan.

Bahkan sudah banyak diluaran sana skema bisnis yang menawarkan program franchise mulai dari jenis kuliner hingga swalayan market. Pilih dan sesuaikan dengan budget yang anda miliki masing-masing.

3. Warkop Angkringan

Rasanya peluang usaha sampingan yang satu ini tak bisa dianggap sebelah mata juga. Karena bisnis dengan model angkringan sederhana ini tampaknya cukup mendatangkan keuntungan yang bisa dianggap lumayan juga lho.

Analisa sederhananya jika modal untuk satu gelas kopi 2 ribu rupiah, anda bisa menjualnya menjadi 4 ribu rupiah. Belum termasuk aneka makanan dan minuman yang bisa anda sisipkan untuk dijual ke warkop anda, misalnya nasi kucing, aneka sate dan gorengan.

Jangan lupa untuk menambahkan free layanan internet meskipun warkop anda berbentuk angkringan, karena hal inilah yang menjadi penentu warkop anda akan ramai atau tidaknya.

4. Jasa Fotografi

Jika anda mempunyai passion di bidang fotografi dan trafeling, peluang usaha sampingan ini tak bisa dianggap remeh. Siapa sih yang tidak suka melakoni suatu hobi namun bisa menghasilkan uang?

Dengan mempunyai skill dibidang fotografi anda bisa melakoni untuk memulai berkecimpung menjadi fotografer pre wedding. Bisnis dengan tipe yang menyasar pernikahan ini bisa dikatakan bisnis yang evergreen artinya bisnis yang tidak ada matinya, karena umumnya setiap manusia pasti menikah dan ingin mengabadikan momen tersebut.

Anda juga bisa menjual setiap hasil jepretan ke situs-situs penjualan foto di internet , dimana anda mendapatkan komisi penjualan setiap kali ada yang membeli ataupun menggunakan hasil karya jepretan foto yang anda buat.

5. Bisnis Pulsa & Kuota Internet

Dunia digital berkembang dengan sangat cepat, baru baru ini telkomsel resmi meluncurkan layanan 5G di Indonesia dan menjadikan telkomsel sebagai pioneer layanan 5G di Indonesia.

Kebutuhan pulsa dan data internet telah bergeser menjadi salah satu kebutuhan pokok dimasa sekarang dan yang akan datang. Anda bisa manfaatkan momen ini dengan menjual-nya ke rekan sekantor anda dulu nanti pelan-pelan berjualan secara online dengan memanfaatkan media sosial yang ada.

Usaha sampingan ini cocok bagi para karyawan karena bisa dijalankan tanpa mengganggu jam kerja utama anda sebagai karyawan.

6. Membuat Blog dengan Tema Spesifik

Keberadaan suatu website dan blog di Internet yang menyediakan informasi tertentu pasti dicari oleh orang. Anda bayangkan berapa milyar orang setiap harinya mengetikkan kata kunci tertentu ke search engine seperti google untuk mencari informasi.

Anda bisa mulai membangun sebuah blog dengan tema yang anda sukai namun harus spesifik. Umumnya para blogger bisa menghasilkan uang dari menulis di blog ketika bisa mendatangkan traffic yang cukup besar setiap harinya dari google adsense dan endorse dari suatu brand tertentu.

Banyak juga manfaat dari membuat blog dengan tema yang spesifik dan ini bisa dijadikan exposure agar bisnis anda makin terkenal di dunia digital.

Baca: Selengkapnya peranan blog untuk berbisnis disini.

7. Bisnis Online

Peluang usaha sampingan yang terakhir kali ini adalah dengan berjualan produk apapun secara online. Manfaatkan media sosial, blog, ecommerce untuk berjualan bisa berupa gadget, pakaian, kosmetik, peralatan rumah tangga, bahkan makanan sekalipun.

Bagi para karyawan yang tak ingin mengeluarkan budget lebih, bisa memulai dengan menjadi reseller ataupun dropshipper dari produk tertentu. Tidak ada kata sulit untuk memulai usaha sampingan jika anda gigih memperjuangkan dan mewujudkannya agar penghasilan anda tidak stuck di situ-situ saja.

DEMIKIANLAH: Pembahasan dari 7 Usaha Sampingan Terbaik yang bisa dilakukan untuk para karyawan yang menginginkan penghasilannya bertambah diluar dari gaji pokoknya sebagai karyawan.

copywriting

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *