fbpx
Adi Nugroho
Blog ini di update rutin setiap hari Senin-Jum'at. Menyajikan informasi seputar Dunia Bisnis, Entrepreunership, Motivasi & Pengembangan diri. Semoga bermanfaat buat Anda semua!

7 Cara Merekrut Karyawan, Dijamin Mendapat Kandidat Terbaik

7 Cara Merekrut Karyawan

Cara merekrut karyawan merupakan salah satu hal yang harus dipahami oleh seorang HRD. Terutama bagi anda yang bekerja sebagai hrd, merekrut karyawan bukan merupakan pekerjaan yang mudah. Sebab hal ini akan berkaitan dengan kinerjanya di dalam perusahaan.

Oleh karena itu dalam mendapatkan sebuah karyawan yang terbaik. Anda harus memiliki berbagai seleksi tertentu agar anda bisa memahami seperti apa karyawan yang diinginkan. Untuk itu, berikut ini ada beberapa cara yang bisa anda pahami:

1. Mengidentifikasi Sesuai Kebutuhan

Cara merekrut karyawan ini membutuhkan anda mempersiapkan identifikasi yang sesuai dengan kebutuhan. Hal ini penting agar persiapan yang dilakukan tidak akan terbuang sia-sia. Dan tentunya anda sudah memiliki persiapan yang matang.

Sebelum memutuskan membuat identifikasinya, pastikan anda mencari posisi yang benar-benar dibutuhkan. Dan jangan membuat posisi yang tidak terlalu penting karena akan kurang berpengaruh bagi perusahaan.

Sebagai seorang HRD, anda akan dituntut sadar dengan berbagai bidang di sebuah perusahaan. Pada masa sekarang ada banyak sekali beberapa pekerja yang membutuhkan pekerjaan. Tetapi hal ini terhalang karena adanya perekrutan karyawan.

Oleh karena itu, sebagai seorang HRD tentu anda dituntut untuk memahami cara merekrut karyawan dengan benar. Biasanya untuk mengisi sebuah posisi di dalam perusahaan, hrd harus menentukan berapa jumlah karyawan baru yang dibutuhkan.

Jika sudah membuat identifikasinya, maka selanjutnya memutuskan untuk membuat deskripsi pekerjaan. Dalam membuat deskripsi pekerjaan, bisa di jelaskan saja secara rinci agar tidak ada salah paham antara pekerja dan HRD.

Misalnya anda bisa menjabarkan tanggung jawab, tingkat keterampilan, dan pengalaman yang diperlukan. Tetapi dengan adanya penjabaran ini, pekerja bisa tahu kriteria seperti apa yang diinginkan oleh seorang hrd.

2. Membuat Lowongan Pekerjaan

Cara merekrut karyawan yang selanjutnya bisa dimulai dengan membuat lowongan pekerjaan yang mudah ditemukan. Hal ini mempermudah anda dalam menyeleksi calon karyawan mana saja yang paling sesuai dengan kriterianya.

Biasanya anda bisa memberikan informasi lowongan kerja ke beberapa situs yang biasa dikunjungi oleh calon pekerja. Dengan adanya hal ini, tentu akan ada banyak sekali para calon pekerja yang ingin melamar ke sebuah perusahaan.

3. Membuat Konsep Lowongan

Setelah memikirkan ingin dibagikan ke situs mana saja, cara merekrut karyawan selanjutnya bisa dimulai dengan membuat konsep lowongan tersebut. Dalam membuatnya, anda bisa membuat dengan berbagai kualifikasi yang diminta.

Pertama-tama, anda bisa sebutkan saja deskripsi pekerjaan pada sebuah posisi. Setelah itu, anda bisa melakukan tes interview jika tertarik dengan beberapa kandidat calon pekerja. Dari beberapa tes inilah, anda bisa menilai sendiri seperti apa pelamar yang cocok dengan kualifikasi tersebut.

4. Meninjau Resume

Setiap calon pekerja yang tertarik dengan sebuah posisi di sebuah perusahaan biasanya akan mengirimkan resume beserta daftar riwayat hidup. Dalam menentukannya bisa mengikuti cara merekrut karyawan ini, salah satunya dengan melakukan peninjauan kepada resume tersebut.

Biasanya anda bisa memperhatikan dokumen mulai dari pengalaman, pendidikan, dan keterampilan yang dimiliki. Dengan adanya beberapa hal tersebut, anda bisa melihat seberapa potensinya kandidat tersebut.

Baca juga : 7 Cara Menentukan KPI Karyawan Anti Ribet.

5. Menyaring Kandidat Melalui Telepon

Selain bisa melakukan interview secara langsung, anda juga diperbolehkan mengadakan tes melalui telepon. Hal ini tentu mempermudah anda tanpa harus bertemu dengan sang calon pekerja tersebut. Anda bisa menanyakan berbagai hal disini.

Biasanya anda bisa menayakan berbagai pertanyaan sederhana dan anda bisa lihat seperti apa balasan dari calon pekerja. Jika tanggapan dari calon pekerja tersebut sesuai dengan pertanyaan, maka anda bisa langsung pilih saja kandidat tersebut.

6. Melakukan Penilaian Keterampilan

Selanjutnya bisa dimulai dengan penilaian keterampilan oleh pelamar. Melalui resume dan wawancara telepon yang dilakukan bisa menjadi salah satu cara untuk mengenal lebih dalam tentang pelamar tersebut.

Pastikan anda harus memiliki berbagai penilaian lain yang berupa sifat-sifat, hingga berbagai penalaran kognitif lainnya. Dengan adanya tes ini, anda bisa menilai apakah pelamar merupakan seorang introvert atau esktrovert.

Karena pada dasarnya introvert dan ekstrovert merupakan 2 kepribadian yang berbeda-beda. Dan tentu hal ini akan berpengaruh ke dalam perusahaan. Dan anda pun harus memperhatikan apakah pelamar merupakan orang yang teliti atau tidak di dalam pekerjaannya.

Kemudian anda bisa menanyakan tentang berbagai sikap lainnya seperti misalnya, apakah pelamar merupakan orang yang terbuka atau tidak. Dari beberapa pertanyaan tersebut, anda bisa menilai dan mempertimbangkan sifat mana yang sesuai dengan kualifikasinya.

7. Membuat Pertanyaan Wawancara Secara Terperinci

Sebelum melakukan wawancara dengan kandidat, anda bisa membuat pertanyaan wawancara terlebih dahulu. Hal ini penting agar anda tahu pertanyaan apa saja yang ingin diajukan. Sehingga anda bisa menghemat waktu dengan pelamar tersebut.

Misalnya saja jika kamu bingung membuat sebuah pertanyaan, maka anda bisa tanyakan terkait dengan beberapa departemen. Dari sini, anda bisa menilai seperti apa jawaban yang ingin diutarakan oleh pelamar tersebut.

Contohnya anda bisa meminta pelamar menceritakan pengalaman dan kasus apa yang terjadi di tempat sebelumnya. Dan anda harus memberikan waktu sampai pelamar menjelaskannya secara tuntas. Dari sana, anda bisa mengetahui bagaimana pelamar dalam mengendalikan kondisi tersebut.

Berdasarkan beberapa cara ini tentu memudahkan anda dalam merekrut karyawan dengan mudah.

Itulah tadi 7 Cara Merekrut Karyawan, Semoga beberapa informasi ini bisa bermanfaat bagi hrd dan para pelamar yang sedang mencari pekerjaan. Diharapkan anda bisa memahami cara ini dengan benar agar bisa mengaplikasikannya secara langsung.

copywriting

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *