fbpx
Adi Nugroho
Blog ini di update rutin setiap hari Senin-Jum'at. Menyajikan informasi seputar Dunia Bisnis, Entrepreunership, Motivasi & Pengembangan diri. Semoga bermanfaat buat Anda semua!

6 Jenis Investasi Jangka Panjang, Aman Hingga Masa Tua

Investasi Jangka Panjang

Sekarang ini ada banyak sekali jenis investasi jangka panjang yang bisa digunakan. Investasi jangka panjang ini pada dasarnya berfungsi sebagai uang yang bisa digunakan di hari tua. Terutama bagi anda yang masih berusia muda, investasi ini layak untuk dilakukan sejak dini.

Sebelum memutuskan ingin memilih investasi jangka panjang, ada baiknya anda mengenal terlebih dahulu beragam jenisnya. Disini anda akan diberikan beragam pilihan untuk melakukan investasi jangka panjang. Untuk itu, ada beberapa pilihannya di bawah ini:

1. Investasi Emas

Bukan menjadi perbincangan banyak orang, kalau emas merupakan salah satu jenis investasi jangka panjang yang menjanjikan. Bukan hanya kalangan biasa saja tetapi investor juga sering melakukan investasi berupa emas.

Hal ini dikarenakan harga emas memang stabil tidak seperti investasi yang lainnya lebih cenderung naik dan turun. Bagi anda yang ingin tahu cara menginvestasi emas cukup mudah dengan membeli emas di toko perhiasan saja.

Lalu anda bisa menyimpannya di tempat yang aman di rumah. Tetapi dalam memilih emas yang tergolong jenis investasi jangka panjang harus berhati-hati. Sebab ada banyak sekali oknum penjual emas palsu yang sudah beredar di berbagai daerah.

Agar tidak tertipu dan uang anda akan habis dalam sekejap. Lebih baik anda pelajari bagaimana cara membedakan antara emas palsu dengan emas yang asli. Dengan adanya hal ini, tentu memudahkan anda dalam membeli emas.

2. Investasi Properti

Selain emas, ada jenis investasi jangka panjang yang mulai dilakukan banyak orang yaitu investasi properti. Bahkan hal ini sudah dikatakan oleh banyak orang kalau investasi seperti ini terbilang menguntungkan.

Sebab hasil dari investasi properti jauh lebih nyata dan terbukti mendapatkan keuntungan di masa depan. Hal ini dikarenakan harga tanah pada properti yang dimiliki memang memiliki kenaikan setiap tahunnya.

Kalau diperkirakan jenis investasi jangka panjang ini memiliki peningkatan sekitar 20% setiap tahunya. Tetapi walaupun membutuhkan modal yang besar pada sebuah properti. Tentu hasil yang didapatkan akan lebih besar dibandingkan dengan modal yang dikeluarkan.

3. Investasi Saham Bluechip

Saham bisa dijadikan sebagai salah satu investasi yang bermanfaat di masa tua. Tetapi dalam memilih saham juga harus diperhatikan dengan benar. Sebab jika tidak maka anda sendiri akan mendapatkan kerugiannya.

Biasanya dengan melakukan jenis investasi jangka panjang saham ini, anda bisa mendapatkan pembagian laba perusahaan setiap tahunnya. Jangan salah, saham blue chip bukan merupakan saham biasa melainkan termasuk saham unggulan.

Bahkan hal ini dibuktikan dengan angka kapitalisasi maksimal yaitu sekitar 40 triliun rupiah. Biasanya saham ini berasal dari perusahaan yang memiliki reputasi tinggi. Sehingga anda bisa mendapatkan pendapatan stabil dengan memberikan dividen. Walaupun memiliki pendapatan yang tinggi tentu saham juga memiliki resiko yang tinggi.

Baca Juga : Mengenal Konsep Dasar Manajemen Keuangan

4. Investasi Reksa Dana Saham

Kemudian selanjutnya adalah investasi reksa dana saham. Dalam hal ini sebelum melakukan investasi, anda harus memilih untuk menggunakan salah satu produk saham terbaik. Jika anda sudah memilih, usahakan anda memahami terlebih dahulu bagaimana cara memainkan saham yang benar.

Hal ini penting jika anda tidak mengetahui cara bermain saham yang benar maka anda sendiri yang harus mendapatkan resikonya. Bahkan investasi reksa dana saham termasuk investasi yang memiliki resiko tinggi. Selain risiko tinggi, anda bisa mendapatkan keuntungan tinggi hingga berlipat ganda.

5. Investasi Tabungan Berjangka

Tabungan berjangka termasuk salah satu investasi jangka panjang yang bisa anda andalkan. Dengan memiliki tabungan berjangka, ada banyak sekali keuntungan yang bisa anda dapatkan. Jika anda tertarik mengikuti investasi tabungan berjangka, maka anda harus menabungnya sejak sekarang.

Usahakan dalam menabung harus dilakukan secara rutin sesuai dengan waktu yang sudah ditentukan. Tetapi walau mendapatkan banyak keuntungan, anda harus hati-hati dengan bunga yang besar. Sebab bunganya akan sedikit berbeda dengan tabungan pada umumnya.

Dikarenakan kelebihannya, anda tidak boleh sembarangan dalam mencairkan uang. Melainkan pencairan bisa dilakukan jika sudah disesuaikan dengan jadwal waktu yang sudah ditentukan. Maka dari itu, pikirkanlah matang-matang.

6. Investasi Asuransi

Asuransi merupakan salah satu investasi perjanjian yang dilakukan oleh anda dan pihak perusahaan asuransi. Biasanya anda akan membayar senilai jumlah yang ditentukan setelah sepakat dengan syarat dan ketentuannya.

Nanti anda akan diminta membayar uang yang disebut dengaan premi kepada perusahaan asuransi tersebut. Biasanya pihak asuransi akan berjanji dan bersedia untuk menanggung beragam kerugian yang anda hadapi di masa tua.

Di Indonesia sendiri, ada banyak sekali bergam perusahaan asuransi yang menawarkan asuransi dalam berbagai pihak. Gunanya supaya anda bisa mencairkan uang di masa tua nanti terutama bagi yang belum memiliki tabungan di masa tua. Asuransi bisa menjadi salah satu investasi yang terbaik.

Biasanya jika masa pensiun sudah tiba, tentu anda bisa merasakan sendiri seperti dana yang anda investasikan selama ini. Tetapi walaupun ada bunganya masih dalam jumlah sedikit dan bukan dalam jumlah yang besar. Dan keuntungan yang didapat biasanya akan diperoleh dari keuntungan yang dimiliki perusahaan asuransi.

Melakukan investasi bisa dimulai dari sekarang bagi anda yang baru memulai karir. Bisa memulai untuk melakukan hal ini, sebab dana yang anda investasikan bisa dipakai di masa tua. Jadi tidak perlu bingung atau khawatir di masa tua, melainkan anda sudah memiliki investasi yang cukup mumpuni.

Itulah tadi 6 Jenis Investasi jangka panjang, yang aman hingga di masa tua. Semoga informasi tentang investasi ini bisa membantu anda. Selanjutnya sobat readers Topik Bisnis bisa share ke kerabat & teman-teman kalian jika artikel ini memberikan manfaat. Terimakasih.

copywriting

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *