fbpx
Adi Nugroho
Blog ini di update rutin setiap hari Senin-Jum'at. Menyajikan informasi seputar Dunia Bisnis, Entrepreunership, Motivasi & Pengembangan diri. Semoga bermanfaat buat Anda semua!

5 Alasan Utama: Peranan Blog untuk berbisnis

blog bisnis

Di era perkembangan dunia internet yang semakin cepat dan keseluruhan teknologi menuju tatanan digitalisasi, keberadaan suatu blog dalam dunia bisnis mempunyai fungsi yang amat sangat penting.

Mengapa demikian?

Salah satu faktornya adalah gaya hidup masyarakat yang sudah tak bisa lepas lagi dari gadget / smartphone. Dan ini sejalan dengan apa yang digaungkan oleh PT.Telkom ketika hari jadinya yang ke-153 pada tanggal 23/10/2009 silam dengan slogannya “The World in Your Hand” – Dunia dalam Genggamanmu.

Apalagi ditengah krisis pandemi covid19 yang terjadi hampir diseluruh dunia memaksa semua pebisnis untuk beradaptasi secara massive ke dunia digital, melakukan terobosan-terobosan dalam memasarkan sebuah produk secara online dan tentu saja keberadaan dari suatu website / blog mempunyai peranan dalam mengembangkan bisnis untuk jangka panjang.

Dan berikut 5 alasan utama peranan blog untuk bisnis:

1. Meminimalisir Waktu dan Biaya

Dengan mempunyai blog sebenarnya kita tidak dipusingkan lagi untuk membangun suatu outlet atau sewa menyewa gedung yang menghabiskan biaya yang cukup besar menguras kantong, apalagi untuk yang baru akan memulai bisnis dan masih belum ketahuan produknya bakalan laris manis atau tidak.

Dari segi waktu membangun sebuah blog terbilang jauh lebih cepat ketimbang kita harus membangun sebuah outlet ataupun menyewanya. Tentu saja karena peruntukan sebuah blog ini sebagai sarana untuk berbisnis sudah seharusnya dikelola secara professional dan disiplin dalam melakukan update berkala dari blog itu sendiri.

2. Mendapatkan Calon Konsumen Tertarget

Kita tidak perlu lagi menjual produk dengan cara-cara lama seperti teknik hard selling yang sudah ketinggalan jaman. Disatu sisi masyarakat sudah lebih kritis dibandingkan dengan 10 tahun kebelakang dari sekarang. Menjual dengan cara hard selling hanya akan membuat calon konsumen menjadi kesal dan lebih parah lagi produk kita tidak akan dilirik sama sekali.

Melalui blog yang sudah di optimasi kita bisa membuat suatu artikel ataupun ditambah dengan video yang memuat informasi dari suatu produk yang akan kita jual nantinya secara soft selling. Dengan begitu calon konsumen tidak akan merasa dijuali tetapi kita bangun mereka untuk kita edukasi.

Contoh kasus: Kita mempunyai produk skincare yang akan kita jual. Maka kita buat konten bisa berupa artikel ataupun video yang berkaitan tentang kesehatan kulit, bagaimana caranya merawat kulit dengan baik dan benar, treatment yang harus dilakukan setiap hari seperti apa, dan konsumsi nutrisi apa saja yang harus dipenuhi.

3. Dikenali Mesin Pencari Google

Sebuah studi menunjukkan perilaku orang mengalami pergeseran yang cukup signifikan ketika mencari sebuah informasi yang meyakinkan pasti melalui ‘mbahgoogle’. Tak ayal informasi yang kita cari dimesin pencari google selalu diurutan paling atas bukan?

Idealnya suatu blog atau website yang kita miliki harus bisa tampil diurutan paling atas atau paling tidak masuk dihalaman pertama google.

Untuk bisa dipilih oleh google diurutan paling atas atau setidaknya masuk dihalaman pertama google, blog kita harus dioptimasi dengan serangkaian kata kunci yang bakal dikenali oleh google.

Dan pastikan pula kita Belajar SEO paling update agar ketika orang mencari produk kita di google mudah ditemukan oleh orang lain.

4. Sebagai Sarana Branding Positif

Setiap orang pasti ingin bisnisnya dikenal oleh masyarakat secara luas dan professional bukan?

Melalui sebuah blog/website citra itu bisa kita bangun dan membuat kesadaran tentang sebuah produk menjadi suatu persepsi dibenak calon konsumen atau konsumen itu sendiri. Hal ini pun bisa dikombinasikan dengan media sosial bisnis kita seperti di facebook, instagram & tiktok untuk dikaitkan ke website atau blog itu sendiri.

Sehingga produk dan brand kita bisa di temukan dimana-mana.

5. Sebagai Investasi Jangka Panjang

Jaman sudah memasuki Era Digital. Percepatan penetrasi teknologi membuat pergeseran kebiasaan baru dimasyarakat yang serba online.

Dengan memiliki blog / website saat ini, dalam jangka waktu 3 hingga 5 tahun mendatang dengan dibarengi konsisten dan disiplin kita sudah mempunyai ratusan konten yang berguna untuk mendukung dari bisnis kita kedepannya.

Segera Bikin Blog / Website mu!

Tidak perlu bingung atau merasa gaptek dalam memulai sesuatu yang baru. Kita bisa pelajari cara membuat blog dari 2 platform yang user friendly yaitu Blogspot (Blogger) atau bisa juga WordPress. Sesuaikan saja dengan kebutuhan dari bisnis yang akan dibangun.

Usahakan konten yang dibuat sifatnya edukasi dan informatif. Jangan membuat suatu konten yang kontroversial namun tidak ada unsur mendidik yang mengejar asal viral tapi tidak berfaedah.

Akhir kata semoga artikel kali ini bisa berguna dan bermanfaat buat kita semua.

‘Dengan membaca membuat kita paham & dengan bertindak akan membuat kita menjadi ahli’

Wassalammualaikum wr.wb

copywriting

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *